Kategori: Sepak Bola

Kompetisi Liga 2 Mundur, Persis Solo Liburkan Pemain


Solopos.com/Chrisna Chaniscara

Solopos.com, SOLO — Persis Solo liburkan para pemain selama sepekan menyusul penghentian sementara kompetisi Liga 2 hingga setidaknya 29 Maret 2020 karena wabah Corona.

Di masa liburan, pemain diwanti-wanti tetap melakukan latihan secara mandiri agar fisik tak anjlok ketika kompetisi diputar. Persis tak segan meminggirkan pemain yang kurang disiplin menjaga kondisi tubuh.

Penggawa Persis menjalani latihan terakhir jelang liburan di mes tim pada Selasa (17/3/2020) pagi. Per Rabu (18/3/2020) hingga Rabu (25/3/2020), pemain dipersilakan berlibur atau pulang kampung.

Penularan Corona Melalui Hubungan Seks Memang Bisa?

Laskar Sambernyawa bakal kembali berlatih mulai Kamis (26/3/2020). Pantauan Solopos.com, sejumlah pemain mulai meninggalkan mes sejak Selasa siang untuk kembali ke daerah masing-masing.

Pelatih Persis Solo, Salahudin, mengatakan kebijakan liburkan pemain ini diambil agar mereka tak mengalami kejenuhan menyusul penghentian sementara kompetisi. Salahudin mengatakan manajemen awalnya hanya merencanakan liburan selama empat hari mulai Rabu hingga Minggu (18-22/3/2020).

Namun mengantisipasi penundaan kompetisi hingga sebulan lamanya, Persis akhirnya memutuskan meliburkan pemain selama sepekan.

“Kebijakan ini memang ada plus-minusnya. Namun yang jelas kami ingin pemain bisa fresh saat kembali dari liburan. Kami melihat pemain belakangan agak jenuh karena tak kunjung berkompetisi,” ujar Salahudin saat ditemui Solopos.com di mes Persis di Karangasem, Laweyan, Selasa (17/3/2020).

Lemon Panas Bisa Membunuh Sel Kanker? Ini Fakta Sebenarnya

Tim pelatih mewanti-wanti pemain tetap menjaga kondisi fisik selama liburan. Menurut Salahudin, para pemain dapat menjalani latihan mandiri untuk menjaga kebugaran, kecepatan dan feeling bola. Pihaknya mengaku tak menerapkan sanksi khusus bagi pemain yang mengabaikan instruksi itu.

“Saya enggak akan memantau mereka saat liburan. Yang jelas saat mereka kembali berlatih bakal kelihatan, mana yang tetap berlatih atau tidak. Yang staminanya kedodoran siap-siap saja saya lempar ke tim kedua,” ujar Salahudin yang mengaku akan berlibur ke Banjarmasin.

Jaga Pola Hidup Sehat

Disinggung potensi penyebaran virus Corona menyusul kebijakan meliburkan pemain, Salahudin mengaku sudah mengingatkan para pemain agar menjaga pola hidup bersih dan sehat. Dia juga mewanti-wanti agar tak perlu bepergian ke tempat ramai di kampung halaman. “Hindari kontak fisik di luar rumah. Jangan lupa minum vitamin C dan B6.”

Imbas Corona, RSUD Wonogiri Hapus Jam Besuk

Manajer Persis, Hari Purnomo, mengingatkan penggawa Persis agar menjaga stamina dengan porsi latihan layak. Pihaknya tak ingin pemain rentan cedera ketika kembali digenjot fisik saat latihan. “Manajemen juga meminta pemain pulang ke mes tepat waktu, maksimal Rabu [25/3/2020] malam agar latihan esok harinya tak terganggu,” pesan Hari.

Share
Dipublikasikan oleh
Ahmad Baihaqi