Kompetisi Liga 1 U-19 Digulirkan Juli 2017
Gojek Traveloka Liga 1 (Twitter)

Liga 1 U-19 segera bergulir.

Solopos.com, JAKARTA – PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyatakan kompetisi Liga 1 U-19 bakal digulirkan mulai 8 Juli 2017 mendatang. Pertandingan pembuka kompetisi tersebut akan mempertemukan Persija Jakarta U-19 melawan Sriwijaya FC U-19 di Stadion Patriot Candrabaga, Bekasi, Jawa Barat.

Liga 1 U-19 sendiri diyakini bisa memproduksi banyak pemain muda. "Ajang ini menjadi sarana pembinaan usia muda PSSI dan kami ingin membuat liga usia muda ini berkualitas,"  kata Direktur Utama PT LIB, Berlinton Siahaan, seperti dikutip dari Liputan6.com, Kamis (15/6/2017).

Adapun peserta Liga 1 U-19 adalah seluruh klub yang berlaga di Go-Jek Traveloka Liga 1. Kompetisi ini sendiri dijadwalkan berakhir pada 29 Oktober 2017. Sebanyak 18 klub itu akan dibagi ke dalam tiga grup.

Nantinya, laga-laga di Grup 1 dan 2 dilaksanakan dengan kandang-tandang. Sedangkan Grup 3 digelar di salah satu kandang tim yang masih akan ditentukan kemudian.

Grup 1 Liga 1 U-19 dihuni oleh Semen Padang, Sriwijaya FC, Persija, Persib, PS TNI dan Bhayangkara FC. Di Grup 2 beranggotakan Persela, Madura United, Arema FC, Persegres Gresik United, Bali United dan Barito Putera. Sementara Grup 3 yaitu Pusmania Borneo FC, Mitra Kukar, Persiba, PSM, Perseru dan Persipura.

Direktur Operasional PT LIB Tigor Shalom Boboy mengutarakan regulasi di Liga 1 U-19 secara umum sama dengan Go-Jek Traveloka Liga 1. Namun yang berbeda adalah dari sisi pemain. Di Liga 1 U-19, nantinya akan ada 18 pemain, yaitu 11 pemain utama dan tujuh pemain cadangan.

Para pemain yang berlaga di Liga 1 U-19 adalah pesepak bola kelahiran 1 Januari 1998 setelahnya. Kemudian, lima orang dari tim U-19 bisa digunakan jasanya oleh tim senior. "Idealnya memang kelahiran tahun 1999, tetapi aturan itu permintaan dari PSSI untuk pendataan pemain tim nasional," kata Tigor.

Sementara terkait hadiah, Tigor menyebut juara Liga 1 U-19 akan mendapatkan hadiah Rp300 juta, terbaik kedua Rp200 juta dan ketiga Rp100 juta. "Untuk pencetak gol terbanyak dan pemain terbaik nantinya mendapatkan masing-masing Rp25 juta," tutur dia.

Sebelum menuju babak final yang digelar pada 29 Oktober 2017, tim harus bisa masuk babak delapan besar yang mempertandingkan dua tim teratas setiap grup dan dua peringkat tiga terbaik. Pada babak delapan besar, tim dibagi ke dalam dua grup, diadakan dengan sistem "home tournament" dan digelar setengah kompetisi. Kemudian, pemenangnya lanjut ke semifinal dan final.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom