SOLOPOS.COM - Ilustrasi pertandingan kompetisi internal Persis Solo. DokJIBI/Solopos/Reuters

Solopos.com, SOLO – Kompetisi internal Persis Solo bakal digelar tanpa persyaratan ketat. Lebih kurang 26 klub, yang bakal ikut berlaga dalam kompetisi berkonsep turnamen itu, bebas menerjunkan pemain tanpa batasan usia.

Klub internal juga bebas merekrut pemain dari luar daerah untuk menghadapi turnamen bertajuk Piala Wali Kota yang bakal digelar pada awal Desember mendatang itu. “Bebas, terserah yang mau ikut pemain amatir atau profresional. Mau ambil dari luar Solo juga silakan,” jelas Koordinator Bidang Kompetisi Persis Solo, Wiseno, saat dijumpai wartawan di Stadion Sriwedari Solo, Kamis (21/11) siang.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Kendati bisa merekrut pemain dari luar daerah, imbuh Wiseno, panitia tetap berharap klub internal lebih memprioritaskan para pemain lokal berusia muda. Sebab, turnamen yang digelar untuk memperingati ulang tahun ke-90 Persis Solo itu sengaja dikonsep untuk menelurkan bibit-bibit baru pemain lokal Solo.

“Kalau pakai pemain bayaran dari luar Solo kan berarti bisa dilihat bahwa klub itu tidak melakukan pembinaan pemain dengan baik selama ini,” imbuh dia.

Lebih lanjut, Wiseno menguraikan turnamen itu bakal digelar di tiga venue, yakni Lapangan Kartopuran, Lapangan Karangasem, dan Lapangan Banyuanyar. Pertandingan akan dilakukan dengan sistem gugur melalui babak pendahuluan dan penyisihan.

Sebanyak 26 klub yang turut bertanding akan saling berhadapan demi memperebutkan posisi 16 besar melalu babak pendahuluan.

“Tapi akan ada enam klub yang stand by di peringkat 16 besar tanpa melalui pertandingan pendahuluan. Keenam klub itu dipilih dengan sistem undian, supaya lebih fair, jadi bukan kami yang menunjuk,” terang Wiseno.

Dari 16 besar, panitia akan menyusun bagan pertandingan penyisihan untuk menyaring delapan klub yang lolos ke babak perempat final. Selanjutnya, turnamen bakal berjalan sesuai kompetisi pada umumnya yang menyaring peserta hingga babak semifinal dan final.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya