SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kompetisi internal Persis Solo akan menerapkan batas usia pemain.

Solopos.com, SOLO – Kompetisi internal PSSI Kota Solo memang belum jelas kapan digulirkan. Meski demikian, Askot PSSI Kota Solo sudah mewacanakan sederet regulasi jika kompetisi yang mempertemukan klub-klub anggota Persis Solo itu jadi digelar medio Januari 2016 nanti.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Bidang Kompetisi Askot PSSI Solo, Chaidir Ramli, mengaku hingga saat ini pihaknya memang belum mendapat pemberitahuan secara resmi dari Ketua PSSI Kota Solo, Paulus Haryoto, terkait rencana menggulirkan kompetisi internal. Ia memprediksi rencana menggulirkan kompetisi internal kemungkinan baru akan dibicarakan lebih lanjut medio Desember 2015 nanti atau setelah Pilkada Kota Solo 2015.

Meski demikian, ia telah menyiapkan sederet regulasi untuk kompetisi internal nanti. Salah satu regulasi itu terkait batasan usia pemain yang boleh turut serta.

“Berbeda dengan kompetisi-kompetisi sebelumnya, mungkin pada kompetisi kali ini kami akan menerapkan batasan usia untuk para pemain. Kalau untuk Divisi II mungkin usia pemain kami beri batasan 21 tahun ke bawah. Sedangkan, untuk Divisi I adalah 23 tahun ke bawah,” ujar Chaidir saat dihubungi Solopos.com, Rabu (25/11/2015).

Chaidir menilai dengan diterapkannya batasan usia ini akan memberikan persaingan yang lebih sengit dalam kompetisi nanti. Selain itu, dengan regulasi itu penerapan proses pembinaan pemain muda yang menjadi tujuan kompetisi internal benar-benar bisa dirasakan.

Chaidir menambahkan jika kompetisi internal nanti digelar sebaiknya digulirkan secara total. Artinya, kompetisi akan diikuti seluruh tim baik Divisi I maupun Divisi II. Saat ini ada 26 tim anggota Persis Solo. Ke-26 tim itu terdiri dari 14 tim Divisi II dan 12 tim Divisi I.

“Berarti nanti kompetisinya nanti akan dibagi dua, yakni kompetisi Divisi II dan Divisi I dengan menggunakan sistem promosi degradasi. Tim dua terbawah di Divisi I akan terdegradasi ke Divisi II, sedang dua tim teratas di Divisi II bisa naik tingkat ke Divisi I,” ujar Chaidir.

Kompetisi internal Divisi II Persis kali terakhir digulirkan adalah pada tahun 2011 lalu gelar juara berhasil diraih UTP Solo. Sedangkan, kompetisi Divisi I kali terakhir digelar pada 2008 lalu dengan AT Farmasi tampil sebagai jawara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya