SOLOPOS.COM - Ketua PWI Jatim Akhmad Munir memberikan sambutan menjelang Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan PWI sebagai lembaga penguji untuk Angkatan XIII di Hotel Tenang, Sarangan, Magetan, Sabtu (14/11/2015). (JIBI/Solopos/Antara)

Kompetensi Wartawan eks Keresidenan Madiun diuji PWI Jawa Timur di Sarangan, Kabupaten Magetan.

Madiunpos.com, MAGETAN — Dewan Pers melalui Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) selaku lembaga penguji menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan XIII Tahun 2015 di Kabupaten Magetan, Sabtu (14/11/2015). PWI Jawa Timur selaku fasilitator melibatkan 39 wartawan sebagai peserta uji kompetensi itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua PWI Jawa Timur Akhmad Munir mengatakan Uji Kompetensi Wartawan penting dilakukan untuk mewujudkan wartawan Indonesia profesional dan kompeten. “UKW Angkatan XIII Tahun 2015 ini digelar di Magetan. UKW ini menyasar semua wartawan di wilayah eks Keresidenan Madiun yang belum memiliki sertifikat UKW,” ujarnya saat memberikan sambutan menjelang UKW di Hotel Tenang, seputar Telaga Sarangan, Magetan.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut dia, wilayah Madiun dan Magetan sengaja dipilih karena daerah tersebut merupakan satu-satunya yang belum tersentuh selama PWI Jatim menggelar Uji Kompetensi Wartawan sejak tahun 2012. “Karena itu PWI Jatim memiliki rasa tanggung jawab untuk menggelar UKW di wilayah Madiun dan sekitarnya ini,” kata dia.

Ia menjelaskan, tahun 2015 ini, PWI Jatim mendapat anggaran dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur senilai Rp4,2 miliar untuk pengelolaan. “Dari dana tersebut, sebanyak Rp700 juta di antaranya digunakan UKW dan sisanya senilai Rp3,5 miliar untuk perbaikan kantor PWI Jatim,” kata dia.

700 Wartawan Jatim
Hingga kini, lanjutnya, sejak digelar angkatan pertama hingga ke-13, sekitar 700 wartawan di wilayah Jawa Timur telah mengikuti uji kompetensi profesi mereka. Rencananya, Desember 2015 mendatang, PWI Jatim akan menggelar UKW lagi di Surabaya.

Sementara itu, Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat, Sasongko Tedjo, mengatakan PWI Jatim termasuk salah satu cabang PWI yang aktif melakukan UKW. “Jika secara nasional, UKW telah dilakukan hingga sebanyak 160 angkatan. Dari jumlah tersebut, sekitar 5.200 wartawan telah dinyatakan lulus UKW dan layak menyandang gelar wartawan kompeten. Mereka berasal dari jenjang muda, madya, hingga utama,” kata Sasongko.

Sesuai data kesekretariatan, Uji Kompetensi Wartawan PWI Jatim angkatan XIII tahun 2015 di Sarangan, Magetan, diikuti oleh sekitar 39 wartawan dari sejumlah wilayah di Jawa Timur, seperti Magetan, Ngawi, Madiun, Ponorogo, Kediri, dan Madura. “Jumlah peserta yang mendaftarkan diri ada sekitar 65 wartawan. Namun, setelah daftar ulang hanya sebanyak 39 wartawan yang mengikuti tes tersebut,” kata petugas pendaftaran, Nana.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya