SOLOPOS.COM - Honda New CB150R (kiri) dan Yamaha Vixion Advance (kanan)

Komparasi sepeda motor kali ini tentang Honda New CB150R vs Yamaha Vixion Advace.

Solopos.com, SOLO – Yamaha telah menetaskan Vixion Advance dengan sederet perubahan. Tak berselang lama, Honda juga melahirkan New CB150R Streetfire yang dirombak habis-habisan. Jika keduanya dikomparasikan, siapa lebih unggul?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dihimpun Solopos.com dari laman resmi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dan PT Astra Honda Motor (AHM), Kamis (13/8/2015), berikut ini adalah komparasi sepeda motor New CB150R vs Vixion Advance berdasarkan data teknisnya.

Dari segi tampilan, sepeda motor Yamaha Vixion Advance tidak berubah banyak dari versi sebelumnya, yakni Vixion Lightning. Perubahan hanya bersifat minor change yang dapat dilihat pada bentuk lampu depan, sepatbor belakang dan beberapa lekukan baru.

Sementera itu Honda New CB150R Streetfire mendapat ubahan besar-besaran hampir di semua bagian. Ketimbang versi lawasnya yang terkesan “kebapak-bapakan”, tampang CB150R terbaru terasa lebih sporty dan modern.

Mengamati dimensinya, perbedaan New CB150R vs Vixion Advance tidak mencolok. New CB150R memiliki bodi lebih ramping, jarak sumbu roda lebih pendek namun dengan bodi yang lebih panjang. Sedangkan Vixion Advance unggul dalam hal bobot yang lebih ringan dan jarak ke tanah yang lebih rendah.

Perbedaan mencolok terletak pada sektor mesin. New CB150R menggendong mesin DOHC 149,16 cc dengan transmisi enam percepatan bertenaga 16,66 hp pada 9.000 rpm dan torsi 13,8 Nm pada 7.000 rpm.

Sedangkan Vixion Advance dibekali mesin SOHC 149.7 cc bertenaga 16,35 hp pada 8.500 rpm dan torsi 14,5 Nm pada 7.500 rpm yang dipadukan dengan transmisi lima percepatan.

Di atas kertas, tarikan akselerasi Vixion Advance lebih galak dan responsif, namun napas New CB150R lebih panjang sehingga dapat mencapai kecepatan maksimum (top speed) lebih tinggi terlebih berkat transmisi enam percepatannya.

Akan tetapi jika melihat kaki-kaki dan sasis yang dipakai, Vixion Advance lebih unggul di jalanan lurus, sedangkan New CB150R lebih mantap saat digunakan untuk melibas tikungan atau meliuk-liuk saat terjebak kemacetan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya