SOLOPOS.COM - Peluncuran Vario 150 eSP di Surabaya (Wahyu Darmawan/JIBI/Bisnis)

Komparasi motor menempatkan Honda Vario 150 dan Honda PCX 150 dengan harga terpaut jauh padahal mengusung kubikasi mesin yang serupa.

SPG dan skutik premium Honda PCX (Kelik Taryono/JIBI/Bisnis)

SPG dan skutik premium Honda PCX (Kelik Taryono/JIBI/Bisnis)

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Solopos.com, SOLO – Komparasi motor Vario 150 dengan PCX 150 terasa seru lantaran keduanya mengusung kubikasi mesin setara, namun dengan harga jual yang terpaut jauh. Jadi apa saja kelemahan dan kelebihan Vario 150 dibandingkan dengan PCX 150?

Strategi penjualan Astra Honda Motor (AHM) tahun 2015 ini tampaknya membuat para konsumen bertanya-tanya. Pasalnya Honda berani menyematkan kubikasi 150 cc pada varian Honda Vario teranyar mereka. Padahal di kelas skuter matik (skutik) berkubikasi yang sama, Honda telah memiliki PCX 150.

Dihimpun Solopos.com dari laman TMCBlog dan Dapur Pacu, Selasa (17/2/2015), berikut ini adalah komparasi motor Vario 150 dan PCX 150 secara head to head.

Diawali Komparasi Fungsionalitas

Komparasi Fungsionalitas

Ilustrasi mesin Honda PCX 150 (autofieldguide.com)

Ilustrasi mesin Honda PCX 150 (autofieldguide.com)

Varian teranyar Honda Vario 150 memang dibekali mesin dan teknologi yang hampir serupa dengan PCX 150, yakni mesin 150 cc, teknologi ESP, ACG starter dan high comubussion engine. Namun, dari segi fungsi, kedua skutik itu berbeda jauh. Vario 150 diciptakan sebagai kendaraan komuter, sedangkan PCX 150 dibuat dengan konsep kendaraan touring kelas premium dengan nilai prestige.

Dari perbedaan itu, mucul pula perbedaan pada setting mesin, serta pada segi harga jual. Saat ini, banderol harga Vario 150 berada pada angka Rp20 jutaan, sedangkan PCX 150 menyentuh kisaran Rp40 jutaan.

Berikutnya Komparasi Ruang Bakar

Komparasi Ruang Bakar

Ilustrasi combustion chamber alias ruang bakar PCX 150 (world.honda.com)

Ilustrasi combustion chamber alias ruang bakar PCX 150 (world.honda.com)

Lebih jauh, perbedaan Vario 150 dan PCX terdapat pada sisi ruang bakar. Jika diukur lebih teliti, Honda Vario 150 memiliki diameter piston lebih kecil, sekitar 0,63 mm, yakni 57,27 mm. Sedangkan Honda PCX 150 memiliki diameter piston 57,9 mm. Dengan langkah piston yang sama, yakni 57,9 mm, kapasitas silinder keduanya akan menunjukkan angka yang berbeda. Silinder Vario 150 hanya memuat kapasitas 149,3 cc, sementara itu PCX 150 berkapasitas 152,9 cc. Keduanya sama-sama mengusung kompresi 10,6:1.

Dengan spesifikasi ruang bakar itu, di atas kertas, tenaga maksimal PCX 150 mencapai 13,1 hp pada 8.500 rpm dengan torsi 13,1 Nm pada 5.500 rpm. Sementara itu, Vario 150 tak terpaut jauh dengan tenaga maksimal 12,4 hp pada 8.500 rpm dan torsinya 12,8 Nm pada 5.000 rpm.

Selanjutnya Komparasi Throttle Body
Komparasi Throttle Body

Ilustrasi throttle body (Yuminashi.com)

Ilustrasi throttle body (Yuminashi.com)

Perbedaan lain juga terdapat pada throttle body. Honda PCX 150 memiliki lebih banyak sensor dibandingkan dengan Honda Vario 150. Sensor pada PCX 150 itu berupa idle air control valve (IACV), manifold absolute presure (MAP), intake air temperature (IAT), dan throttle position (TP).

Sedangkan Honda Vario 150 hanya dibekali TP dan fast idle solenoid valve (FISV) yang berfungsi memberikan saluran udara tambahan di dalam throttle body untuk menjaga putaran stasioner tetap ideal ketika mesin dalam kondisi dingin.

Selanjutnya Komparasi Roller

Komparasi Roller

Ilustrasi roller set (Ebay.co.uk)

Ilustrasi roller set (Ebay.co.uk)

Roller merupakan media penggerak terpenting setiap skutik. Roller akan menggerakkan variartor yang terhubung pada belt drive sehingga motor dapat bergerak. Kinerja variator itu sangat ditentukan oleh roller, baik dari bentuk, bahan, dan yang terpenting adalah bobot roller.



Pada PCX 150, Honda menyematkan roller berbobot 16 gram. Sedangkan pada Vario 150 disematkan roller seberat 15,5 gram. Alasan Honda memberi roller lebih ringan pada Vario 150 tak lain adalah karena skutik itu memiliki karakter komuter. Karakter khusus perkotaan itu mengharuskan sebuah skutik memiliki akselerasi dan respons tarikan tuas gas yang menghentak pada putaran awal namun tetap halus kecepatan tinggi.

Terakhir, Komparasi Final Gear

Komparasi Final Gear

Ilustrasi final gear skutik Honda (tmcblog.com)

Ilustrasi final gear skutik Honda (tmcblog.com)

Perbandian terakhir antara Honda Vario 150 dan PCX 150 terdapat pada aspek final gear. Honda PCX 150 dibekali final gear dengan perbandingan 17/54, sedangkan Vario 150 dilengkapi final gear berprbandingan 18/53. Secara teori, semakin besar nilai perbandingan final gear, maka kendaraan akan semakin responsif. Namun perlu diketahui, bobot kendaraan juga mempengaruhi keresponsifan sebuah kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya