SOLOPOS.COM - Kawasaki Vulcan S. (cyclenews.com)

Komparasi motor kali ini akan mempertemukan cruiser rasa Jepang, Kawasaki Vulcan S melawan cafe racer rasa Amerika Serikat, Harley Davidson Street 500.

Solopos.com, SOLO – Bursa sepeda motor Indonesia kedatangan dua kendaraan baru bernuansa klasik cruiser alias cafe racer. Meski berada di kelas mesin berbeda, komparasi motor Kawasaki Vulcan S dan Harley Davidson (HD) Street 500 banyak diperbincangkan di berbagai forum.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Meski memiliki perbandingan mesin 650 cc dengan 500 cc, Kawasaki Vulcan S dan HD Street 500 kerap dibanding-bandingkan para pencinta motor gede (moge) karena memiliki garis desain yang mirip. Wajar, sebab produsen motor yang menghadirkan moge dengan jok landai dengan sensasi berkendara santai di Indonesia masih jarang.

Dihimpun Solopos.com dari Liputan6 dan berbagai forum otomotif, Sabtu (6/3/2015), berikut motor Kawasaki Vulcan S dan HD S2treet 500:

Komparasi Mesin
Pabrikan Harley Davidson memang identik dengan kapasitas mesin yang besar. Namun tidak demikian dengan HD Street 500. Dirancang sebagai motor untuk pemakaian sehari-hari (urban living), moge cruiser terbaru itu  hanya dibekali mesin 494 cc dengan transmisi manual enam percepatan.

Mesin moge yang dirakit di India itu juga dilengkapi dengan teknologi SOHC V-Twin berpendingin cairan. Hasilnya, mesin itu mampu menyemburkan tenaga sebesar 35 hp dengan torsi puncak 40 Nm pada putaran 3.500 rpm.

Berbeda dengan rivalnya, Kawasaki Vulcan S memiliki kapasitas mesin lebih besar, yakni 649 cc. Teknologi yang diusung pun lebih modern, yakni DOHC 8-valves. Tenaga yang dihasilkan jelas lebih besar, mencapai 58 hp dengan torsi 64 Nm pada putara 6.500 rpm.

Sama seperti HD Street 500, Kawasaki Vulcan S juga diklaim sangat nyaman dikendarai untuk keperluan harian. Saking nyamannya, Kawasaki Motor Indonesia (KMI) bahkan menyebut Vulcan S juga cocok dikendarai pengendara motor wanita.

Komparasi Desain
Baik Kawasaki Vulcan S maupun HD Street 500, keduanya menawarkan desain cruiser. Posisi jok yang rendah sehingga kaki dapat menapak permukaan jalan dengan mudah, setang yang cukup tinggi dan pijakan kaki yang menjorok ke depan membuat posisi berkendara kian nyaman.

Perbedaannya, Vulcan S memiliki headlamp berbentuk segitiga sehingga tampak modern. Sedangkan HD Street 500 memiliki headlamp bulat dengan housing polos yang menyatu dengan windshield yang menambah kesan klasik.

Perbedaan lain juga tampak pada daerah jok. Jika jok HD Street 500 memiliki desain yang menyatu, Vulcan S mengaplikasikan model splitseat atau jok dua tingkat. Makin ke belakang, perbedaan juga terdapat pada sektor suspensi. Moge HD Street 500 menggunakan suspensi ganda model spring, sementara Vulcan S menggunakan suspensi monoshock asimetris layaknya pada Kawasaki ER-6N.

Komparasi Harga
Seperti diketahui, HD Street 500 yang dirakit di India itu mengaspal di Indonesia dengan banderol Rp219 off the road Jakarta. Sementara, Kawasaki Vulcan S didatangkan secara utuh dari Jepang dan dijual di Indonesia dengan harga Rp155 juta on the road Jakarta.

Dari segi kemewahan (prestige), HD Street 500 tentu lebih unggul daripada Kawasaki Vulcan S karena pabrikan asal Amerika Serikat berlambang elang itu telah banyak melahirkan moge cruiser yang terkenal. Namun jika melihat dari segi harga dan tenaga yang dihasilkan, Kawasaki Vulcan S menjuarai komparasi motor berdesain cruiser itu.

Harley Davidson Street 500. (Harleydavidson.com)

Harley Davidson Street 500. (Harleydavidson.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya