SOLOPOS.COM - Yamaha New Fino. (Yamaha-motor.co.id)

Komparasi motor membandingkan Yamaha Fino Blue Core dan Honda Scoopy ESP.

Solopos.com, SOLO – Segmen skuter matik (skutik) entry level bergaya retro di Indonesia dihuni oleh dua model, yakni Honda New Scoopy ESP vs Yamaha New Fino Blue Core. Penasaran siapa paling unggul? Simak terus komparasi motor berikut ini.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Honda New Scoopy. (Astra-honda.com)

Honda New Scoopy. (Astra-honda.com)

Desain
Urusan desain sebenarnya tergantung pada selera masing-masing konsumen. Yamaha Fino mungkin lebih fres karena baru saja mengalami penyegaran. Tetapi secara garis besar, Scoopy vs Fino sama-sama hadir dengan desain retro ala skutik benua Eropa.

Mesin, Dimensi dan Konsumsi BBM
Dihimpun Solopos.com dari laman resmi Honda dan Yamaha, Rabu (13/1/2016),   Scoopy dibekali mesin SOHC 110 cc air cooled berteknologi ESP dengan semburan tenaga 8,7 hp dan torsi 9,1 Nm.

Memiliki dimensi bodi berukuran panjang 1.856 mm, lebar 694 mm, dan tinggi 1.066 mm serta berat keseluruhan 96 kg, mesin tersebut diklaim mampu membawa Scoopy berjalan sejauh 61,9 km dengan seliter bensin.

Di atas kertas, Fino memiliki teknis mesin yang hampir sama. Tetapi kapasitasnya lebih besar, yakni 125 cc plus teknologi Blue Core. Jelas tenaga dan torsi Fino lebih besar, yaitu di angka 9,5 hp dan 9,6 Nm.

Sayangnya Yamaha belum merilis data konsumsi BBM Fino. Tetapi berkaca pada Mio M3 yang dibekali mesin serupa, kemungkinan Fino bisa berjalan hingga 82 km dengan seliter bensin.

Akan tetapi Anda akan memerlukan tenaga ekstra jika ingin memarkir Fino dengan standar tengah. Sebab bobotnya mencapai 98 kg atau 2 kg lebih berat dari Scoopy. Selain itu bodinya juga lebih panjang 14 mm.

Harga
Keputusan akhir untuk memilih antara Honda Scoopy vs Yamaha Fino sebagai skutik idaman tentu ada di tangan Anda. Tetapi perlu dicatat, saat ini dua skutik itu dibanderol dengan harga saling sikut, yakni sama-sama Rp16,25 juta on the road Jakarta.

Komparasi motor, Scoopy vs Fino, harga Scoopy, harga Fino

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya