Kompak, Pemilihan 7 Ketua RW di Plumbungan Sragen Digelar Barengan
Penghitungan hasil pemungutan suara pemilihan ketua RW 002 di halaman Masjid Al Jauhar Mageru Kidul, Plumbungan, Karangmalang, Sragen, Senin (10/8/2020) malam. (Istimewa-Riyanto)

Solopos.com, SRAGEN --Sebanyak tujuh rukun warga (RW) dari 12 RW di Kelurahan Plumbungan, Kecamatan Karangmalang, Sragen akan mengadakan pemilihan ketua RW secara serentak pada Sabtu (15/8/2020).

Sementara tiga RW tidak melaksanakan pemilihan karena sepakat melanjutkan ketua RW sebelumnya dan dua RW lainnya mendahului pemilihan ketua RW.

Tiga RW yang melanjutkan jabatan ketua RW sebelumnya berada di lingkungan RW 003 Plumbungan, W 005 Sungkul, dan RW 010 Candi Asri 2.

Tragis! Investor Semut Rangrang Sragen Sampai Jatuh Sakit & Linglung

Sedangkan dua RW yang mendahului memilih ketua RW secara langsung berada di RW 006 Terik dan RW 001 Mageru Kidul.

Lurah Plumbungan, Budiyanto, saat ditemui solopos.com, Selasa (11/8/2020), mengatakan pemilihan ketua RW itu dilakukan karena adanya momentum jawaban ketua RW yang sudah berakhir pada 2020.

Kegiatan itu juga berbarengan dengan adanya pemekaran wilayah di lingkungan RW 002.

Dia menjelaskan satu RW itu dimekarkan menjadi tiga RW, yakni RW 002, RW 011, dan RW 012.

“Pemekaran di RW 002 itu dilakukan karena wilayahnya terlalu luas dan jumlah penduduknya terlalu banyak. Ada 17 RT di lingkungan RW 002 itu sehingga dipecah menjadi tiga RW dengan jumlah RT di masing-masing RW bervariasi,” ujar Budi.

Uang Rp80 Juta di Mobil Raib Sekejab, Ini Kesaksian Penjual Satai Kelinci Sambungmacan Sragen

Dia menjelaskan pemilihan ketua rukun warga serentak juga sebagai upaya penyeragaman masa jabatan semula tiga tahun menjadi lima tahun.

“Memang ada RW yang lama enggak diganti dan ada juga ketua RW yang tidak aktif. Kemudian ada juga ketua RW yang meninggal dunia. Kalau pemilihannya beda-beda sulit dalam pengawasan masa jabatannya," kata dia.

"Yang lebih penting, fungsi RW itu menjadi pengganti kepala lingkungan (kaling) atau bayan sebagai tangan panjang pemerintah kelurahan. Sekarang tidak ada kaling atau bayan lagi,” jelas Budi.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan

Dia berharap kedudukan RW nantinya bisa mengusulkan pembangunan dari wilayah masing-masing dalam musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang). Selain itu juga untuk memberdayakan pengurus RW.

Budi menerangkan pola pencarian sosok ketua RW itu disesuaikan dengan kreativitas di masing-masing RW. Ada yang lewat musyawarah mufakat atau dengan cara pemungutan suara.

Sepak Terjang Sugiyono, Bos Bisnis Investasi Ternak Rangrang Sragen yang Ditangkap Polisi

Sekretaris RT 001/RW 001 Mageru Kidul, Riyanto, 40, saat dihubungi solopos.com, Selasa siang, mengaku sempat ikut dalam pemungutan suara untuk memilih ketua RW 001 yang berlangsung di halaman Masjid Al Jauhar Mageru Kidul.

Riyanto menjelaskan sebelumnya ketua RW 001 sudah meninggal dunia dan digantikan pelaksana tugas (plt) Sudarsono selama kurang lebih lima tahun.

“Dalam pemilihan ketua RW hanya ada dua calon dari lingkungan RT 002 karena RT 001 dan RT 003 tidak mengusulkan calon. Ternyata Ketua RT 002, Pak Sumarno, terpilih menjadi Ketua RW 001 sehingga dalam waktu cepat warga RT 002 harus memilih ketua RT baru pengganti Pak Sumarno," kata dia.

Petani Sambat Air Irigasi Colo Timur Tak Sampai Hilir Sragen saat Malam



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom