SOLOPOS.COM - Kader PDIP Solo dan warga mengikuti kegiatan pengajian serta buka puasa bersama yang digelar bergiliran di lima wilayah kecamatan, beberapa hari terakhir. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–Departemen Keagamaan dan Kepercayaan terhadap Tuhan YME DPC PDI Perjuangan (PDIP) Solo melakukan kegiatan pengajian dan buka bersama warga selama Ramadan 1444 Hijriah.

Kegiatan itu untuk mengisi bulan suci yang penuh berkah bagi umat muslim. Kegiatan tersebut digelar secara berkeliling di lima wilayah kecamatan, dan diawali di PAC PDIP Jebres, Sabtu (25/3/2023). Kegiatan putaran kedua digeber di wilayah Banjarsari II pada Rabu (29/3/2023).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Dalam kesempatan itu bertindak sebagai penceramah yaitu H Munawar. Dia menyampaikan ceramah tentang kewajiban untuk melakukan ukhuwah sesama muslim, persaudaraan sebangsa se Tanah Air, dan persaudaraan antar manusia. Tidak boleh membeda-bedakan agama, suku bangsa, ras, dan golongan.

Pengajian dan buka bersama sore itu digelar di Sekretariat Ranting PDIP Joglo, Banjarsari. Tidak hanya struktural dan kader PDIP yang mengikuti kegiatan pengajian dam buka bersama. Warga sekitar juga membaur menjadi satu mengikuti pengajian dan buka puasa.

Sementara pada Kamis (30/3/2023) acara buka bersama dan pengajian dilakukan di PAC PDIP Pasar Kliwon. Wakil Ketua Departemen Keagamaan dan Kepercayaan terhadap Tuhan YME DPC PDI Perjuangan (PDIP) Solo, Ety Isworo, mengatakan acara dimulai pukul 16.50 WIB.

Bertindak selaku pengisi ceramah atau tausiah yaitu M Subhan. “PDI Perjuangan berkomitmen melaksanakan semua kegiatan keagamaan yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya, seperti pengajian dan buka puasa bersama ini,” ungkap dia.

Ety menjelaskan, beberapa hari sebelumnya, tepatnya pada 19 Maret 2023, juga digelar perayaan Hari Raya Nyepi. Kegiatan itu diisi dengan upacara pembakaran ogoh-ogoh di pinggir Bengawan Solo. Abu dari pembakaran itu kemudian dilarung.

“Dan untuk Ramadan tahun ini kami mengadakan pengajian dan buka puasa bersama masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan secara berkeliling di lima wilayah PAC PDIP se Solo. Kegiatan ini masih kurang di tiga wilayah PAC PDIP,” terang dia.

Untuk kegiatan di Banjarsari 1 akan dilaksanakan pada Jumat (31/3/2023), di PAC PDIP Laweyan pada 12 April 2023, dan di PAC PDIP Serengan pada 13 April 2023.

“Kegiatan ditutup dengan Salat Magrib berjemaah. Kader PDIP dan masyarakat jadi satu,” urai dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya