SOLOPOS.COM - ilustrasi pelelangan ikan hasil tangkapan. (JIBI/dok)

Komoditas perikanan yang dilelang di TPI Pekalongan mencapai Rp1 miliar.

Solopos.com, PEKALONGAN-Hasil lelang ikan Tempat Pelelangan Ikan Kota Pekalongan, Jawa Tengah pada Sabtu siang mencapai Rp1 miliar lebih dengan produksi ikan 79,8 ton.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Kepala TPI Kota Pekalongan, Kasim Sumadi di Pekalongan mengatakan bahwa aktivitas lelang ikan mulai ramai sejak Oktober 2015 atau setelah banyak kapal besar mulai pulang melaut.

Ekspedisi Mudik 2024

“Saat ini banyak kapal besar jenis ‘fisher’ mulai berlabuh untuk membongkar hasil tangkapan ikan setelah tiga bulan sebelumnya melaut. Pada hari ini, ada enam kapal yang membongkar hasil tangkapan ikan,” ucapnya.

Meningkatnya hasil tangkapan ikan ini, kata dia, juga dipicu dengan kondisi cuaca perairan Laut Jawa relatif baik sehingga banyak kapal nelayan “Arek-Arek” juga membongkar hasil melautnya.

Ia mengatakan produksi lelang ikan pada Sabtu (21/11/2015) meningkat dibanding hari sebelumnya sebanyak 60 ton dengan nilai sekitar Rp900 juta.

“Kami memperkirakan produksi lelang ikan akan terus meningkat hingga Desember mendatang karena kapal besar yang tiga bulan sebelumnya melaut akan kembali,” tuturnya.

Ia mengatakan meski terjadi peningkatan produksi ikan tetapi harga ikan masih relatif stabil, yaitu rata-rata terjadi kenaikan harga ikan Rp2.000/ kilogram.

“Kami optimistis dengan meningkatnya produksi ikan maka target pendapatan asli daerah (PAD) 2015 sebesar Rp4,7 miliar akan terlampaui karena saat ini sudah mencapai Rp4,1 miliar,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya