SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktivitas pedagang di pasar tradisional. (Harian Jogja-Endro Guntoro)

Komoditas pangan diarapkan tidak terjadi gejolak harga.

Harianjogja.com, JOGJA — Memasuki bulan puasa dan lebaran seringkali dimanfaatkan oleh pihak tertentu untuk menaikkan harga. Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X berharap tidak ada gejolak harga pangan seperti yang terjadi tahun sebelumnya. Ia juga meminta kepolisian untuk mengantisipasi kemungkinan adanya sweeping oleh pihak tertentu selama ramadan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Beberapa hari sebelum puasa ramadan 2017, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DIY merilis harga sembako hasil pantauan dari lima kabupaten/kota di DIY. Harga beras Rp9.014, paling tinggi di Sleman mencapai Rp9.600, harga telur rerata Rp19.520, wilayah paling mahal yaitu Kota Jogja mencapai Rp20.400. Kemudian harga daging ayam Rp29.800 tertinggi di Sleman mencapai Rp31.000, harga daging sapi Rp120.000, harga tertinggi justru berada di Gunungkidul menembus Rp130.000. Harga cabe Rp24.540, tertinggi di Gunungkidul dan Sleman dengan angka sama Rp26.000, harga bawang merah Rp25.000, tertinggi di Sleman Rp26.000, serta bawang putih rata-rata Rp55.000 dengan tertinggi di Gunungkidul menembus Rp65.000. Gula pasir berada di angka Rp12.130 dan minyak goreng di rata-rata Rp10.820. TPID DIY bersama Satgas Pangan Polda DIY menyatakan kesiapannya untuk memantau harga kebutuhan pokok selama ramadhan.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X menyatakan, Pemda DIY akan berupaya untuk mengendalikan harga pangan selama ramadhan hingga lebaran agar tetap stabil. Koordinasi terus dilakukan dengan berbagai pihak dalam rangka memantau harga pangan. Dengan pemantauan itu, harapannya tidak ada kenaikan harga yang terjadi secara signifikan seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Kami juga melakukan koordinasi agar kebutuhan pangan khususnya. Kami coba kendalikan dengan baik. Harapan saya tidak ada gejolak [kenaikan] harga seperti tahun sebelummya,” ungkap Sultan di Kepatihan, Rabu (31/5/2017).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya