SOLOPOS.COM - Ilustrasi gudang beras milik Bulog.(JIBI/Solopos/Antara/Basri Marzuki)

Komoditas pangan, cadangan beras aman untuk tiga bulan

Harianjogja.com, JOGJA –– Stok cadangan beras di gudang Badan Umum Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) DIY tak lebih dari 13.500 ton. Dengan kebutuhan konsumsi beras di DIY yang mencapai 4.500 ton per bulan, ketersediaan stok beras diklaim tetap akan terpenuhi hingga tiga bulan ke depan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Diakui sendiri oleh Kepala Bulog Divre DIY Miftahul Adha, serapan beras dari kabupaten/kota memang mengalami penurunan sejak 2-3 bulan terakhir. Jika biasanya produksi beras total bisa mencapai 200-300 ton per bulan, kali ini tak lebih dari 100 ton saja.

“Kami bisa maklum, karena memang selain belum masa panen, kemarau juga sudah melanda,” katanya saat ditemui usai menggelar pertemuan bersama Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono (HB) X, Senin (28/8/2017) di Kompleks Kepatihan.

Meski begitu, pria yang baru beberapa pekan menjabat sebagai Kepala Bulog Divre DIY itu mengklaim pihaknya masih bisa memenuhi kebutuhan beras di DIY. Hal itu menyusul masih banyaknya petani yang tidak menyetorkan berasnya kepada Bulog, melainkan lebih memilih menjualnya langsung kepada konsumen.

“Kalaupun akhir tahun nanti stok tidak mencukupi, kantor pusat siap memberikan suplai yang diambilkan dari daerah lain yang surplus beras,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya