SOLOPOS.COM - Ilustrasi kentang. (JIBI/Solopos/Dok.)

Komoditas pangan menjelang Lebaran mengalami naik turun.

Harianjogja.com, JOGJA — Selain harga bawang putih yang kembali meroket, harga kentang juga ikut naik di pekan kedua Ramadan. Namun, sejumlah komoditas sayur mulai stabil, seperti cabai rawit merah yang kini berangsur normal dengan harga Rp25.000 per kilogram.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga : KOMODITAS PANGAN : Harga Tinggi, Daya Beli Bawang Putih Menurun

Ekspedisi Mudik 2024

Bukan hanya harga bawang putih saja yang merangkak naik. Harga kentang juga ikut naik sejak beberapa hari lalu. Suminah, pedagang sayuran lain di pasar ini mengaku harga kentang biasanya paling mahal berkisar Rp14.000 per kilogram.

“Sekarang harga kentang sampai 18.000 per kilogram. Itu pun ukurannya relatif kecil,” papar Suminah.

Kendati harga jual dua komoditas tersebut merangkak naik, namun beberapa komoditas sayur dan bumbu-bumbuan berangsur normal. Suminah mengungkapkan harga bawang merah kini dipatok dengan harga Rp30.000 per kilogram. Sedangkan, untuk komoditas cabai, mulai mengalami penurunan yang sangat signifikan.

“Cabai [harga] pada turun. Cabai rawit merah yang sempat mencapai ratusan ribu rupiah, sekarang hanya Rp25.000 per kilogram. Cabai merah keriting juga hanya Rp10.000 per kilogram,” jelas Suminah.

Sedangkan kondisi harga komoditas seperti daging sapi relatif stabil tinggi. Harga daging sapi kualitas satu yakni Rp120.000 per kilogram dan untuk kualitas superior dijual dengan kisaran harga Rp130.000 per kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya