SOLOPOS.COM - Novi Amilia (JIBI/Harian Jogja/dok)

Novi Amilia (JIBI/Harian Jogja/dok)

JAKARTA—Beredarnya foto syur Novi Amilia saat berada di Kantor Polisi menuai respons Komisi Nasional (Komnas) Perempuan. Lembaga ini menilai tersebarnya foto Novi Amilia ke publik adalah bentuk eksploitasi seksual.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Itu salah satu tindak kekerasan eksploitasi seksual. Dia dalam kondisi tidak bisa mengontrol dirinya lalu dijadikan objek seksual. Kalau disebarluaskan seperti ini kan berarti melanggar UU ITE dan hukum lainnya,” kata Komisioner Komnas Perempuan, Andy Yentriyani seperti dilansir detikcom, Kamis (18/10/2012).

Ekspedisi Mudik 2024

Andy menjelaskan jika pengambilan gambar tersebut dilakukan di kantor polisi, maka pelakunya mudah ditentukan. “Kalau terjadi di kantor polisi ya harusnya bisa diselidiki siapa saja yang terlibat. Saya pikir sederhana itu,” ujar Andy.

Andy menambahkan profesi, hobi, dan pelanggaran lalu lintas yang dilakukan Novi tidak bisa dikaitkan dengan penyebaran foto tersebut. Penilaian masyarakat yang merendahkan Novi sebagai perempuan menurut Andy salah satu bentuk ‘main hakim sendiri’.

Terkait dugaan adanya pihak yang meminta Novi untuk berpose lalu diambil gambarnya, Andy tidak yakin hal tersebut terjadi. Ia menekankan adanya oknum yang memanfaatkan kondisi Novi untuk keuntungan pribadi.

“Saya tidak tahu, bisa saja dia diam saja lalu difoto, tapi memang ada orang yang mengambil gambar itu. Kita bicarakan saja ada orang yang gampang dipengaruhi dan tidak sadar lalu saya ambil gambar, itu berarti memanfaatkan dan mengambil keuntungan dari orang lain,” ujar Andy.

“Polisi sebagai penegak hukum harus menyelesaikan kasus ini, dan pelakunya ditindak sesuai hukum. Media, komisi penyiaran dan dewan pers harusnya memantau agar tidak tersebar foto-foto seperti itu. Masyarakat juga harusnya belajar menghentikan penyebaran, ketika mendapat foto itu distop dan laporkan,” tutup Andy.

Novi diamankan pihak kepolisian setelah menabrak 7 orang menggunakan mobil Honda Jazz miliknya.  Dalam insiden itu, Novi yang terpengaruh ekstasi dan minuman keras, hanya mengenakan pakaian dalam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya