SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA—Komisi Yudisial (KY) melakukan seleksi terhadap 12 orang calon hakim pajak di Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Keterlibatan KY dalam seleksi ini diharapkan dapat menekan adanya hakim-hakim nakal yang terlibat dalam mafia perpajakan.

“KY diikutkan dalam seleksi hakim pajak berdasarkan MoU antara Kemenkeu dengan KY pada akhir masa Ketua KPK Busyro Muqoddas,” ujar Juru Bicara Komisi Yudisial, Asep di Mahkamah Agung, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (22/11).

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Menurut Asep, awalnya ada 90 orang yang mendaftar sebagai hakim pajak. Setelah dilakukan seleksi administrasi, psikotes, kesehatan dan masukan masyarakat kini tersisa 12 calon hakim pajak.

“Ada 12 orang yang tersisa dari 90 orang peminat,” kata Asep.

Dari 12 orang lanjut Asep, akan dipilih enam orang hakim pajak yang akan bertugas di pengadilan pajak, Kemenkeu. Pengadilan pajak sempat jadi sorotan karena kasus mafia pajak Gayus Tambunan. Saat ini pengadilan pajak berada di bawah Kemenkeu bukan Mahkamah Agung.

“KY menguji kode etik hakim serta hukum materil, hukum formil dan hukum pajak,” tandasnya.(dtc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya