Komisi IV DPRD Solo Tinjau Persiapan PPDB Online SD-SMP di Diskominfo SP, Begini Hasilnya
Ilustrasi pendidikan SMP. (Solopos/Wishnu Paksa)

Solopos.com, SOLO -- Legislator Komisi IV DPRD Solo mengunjungi Dinas Komunikasi Informatika Statistika dan Persandian (Diskominfo SP) Kota Solo untuk melihat persiapan PPDB online siswa SD dan SMP, Kamis (28/5/2020).

Ketua Komisi IV DPRD Solo, Putut Gunawan, saat diwawancarai wartawan seusai berdialog dengan pejabat Diskominfo SP Solo dan Dinas Pendidikan Solo, menilai persiapan pelaksanaan PPDB online sudah cukup baik.

Dia berharap saat pelaksanaan PPDB online tak ada permasalahan berarti. “Sistem sudah dsiapkan sebaik-baiknya. Ada dua server, di-backup UPS semua, ada petugas siaga 24 jam. Saya kira persiapan sudah maksimal,” tutur Putut.

Bansos Covid-19 Pemprov Jateng: Sukoharjo Usulkan 20.162 Keluarga, Hanya 6.000 Yang Dapat

Pengecekan persiapan PPDB online SD dan SMP dinilai penting mengingat adanya beberapa ketentuan baru yang diberlakukan di Solo. Bila dulu dalam mengukur jarak alamat rumah ke sekolah menggunakan rute tempuh, di PPDB kali ini tidak lagi.

Jarak diukur menggunakan jarak langsung udara. “Dihitungnya jarak udara langsung pakai program komputer. Karena kalau pakai rute tempuh bisa saja rumahnya dekat tapi dihitung jauh karena harus berjalan memutar,” ujar dia.

Ada juga agenda tracing untuk melihat seperti apa hubungan calon siswa yang tinggal atau ikut dengan keluarga saudaranya. Calon siswa tidak bisa diterima bila tidak memiliki hubungan langsung dengan keluarga yang diikuti.

RSD Bagas Waras Klaten Layani Pemeriksaan Rapid Test Mandiri, Cek Tarifnya!

Penuturan senada disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Solo, Etty Retnowati, saat diwawancara wartawan seusai tinjauan. Menurut dia persiapan PPDB online jenjang SD dan SMP di Solo terus berjalan di tengah status KLB Covid-19.

Tidak Ada Aktivitas Datang Ke Sekolah

“PPDB kita sudah siap. Tapi kami tidak bisa bekerja sendiri, harus bekerja dengan pihak-pihak lain,” tutur dia.

Dengan sistem online, Etty menyatakan tidak ada aktivitas datang ke sekolah selama proses PPDB berlangsung. Semua pengurusan berkas pendaftaran dilakukan online.

Jangan Lupa Pakai Masker Saat Keluar Rumah! Polisi Sukoharjo Mulai Gencarkan Razia

“Tak ada ngumpulke berkas ke sekolah. Jadi dokumen nanti di-scan yang luar kota. Yang dalam kota otomatis dari dinas. Tak ada ke sekolah sama sekali,” kata dia.

Pengurusan online juga dilakukan saat mendaftar ulang bagi siswa yang diterima. Siswa hanya perlu membuka web PPDB online dan mengisi formulir daftar ulang.

Formulir berisi sejumlah pertanyaan seperti pekerjaan dan penghasilan orang tua, dan pertanyaan lain.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho