SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

PEMBANGUNAN PASAR AYU--Pekerja menyelesaikan pembangunan Pasar Ayu, Banjarsari, Solo, Selasa (20/9/2011). (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

Solo (Solopos.com)--Komisi III DPRD Solo menggelar Sidak ke Pasar Ayu untuk meninjau pembangunan tahap II yang sempat dikabarkan molor.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami telah membahas masalah itu dalam rapat komisi III karena kami merasa khawatir jika pembangunan tahap II tidak sesuai jadwal. Saat meninjau di lapangan, kami berharap pembangunan bisa selesai tepat waktu. Target selesai pembangunan sekitar tanggal 7 atau 10 November 2011,” papar Ketua Komisi III DPRD Solo, Honda Hendarto, saat ditemui wartawan seusai Sidak, Selasa (20/9/2011).

Ia mengimbau agar kontraktor segera menyelesaikan pembangunan itu dengan menambah jumlah pekerja. Jadi, lanjut dia, sebaiknya pembangunan dilakukan lebih cepat karena mendekati musim hujan.

Pagu anggaran yang ditetapkan untuk pembangunan tahap II sekitar Rp 1,3 miliar.  “DPP (Dinas Pengelolaan Pasar-red) juga sempat mengajukan anggaran dalam APBD Perubahan untuk finishing, tetapi kami tolak karena waktu yang tidak mencukupi,” terangnya.

Sehingga, kata Honda, anggaran untuk pembangunan Pasar Ayu tahap III yang berupa finishing diajukan dalam APBD tahun 2012 dengan anggaran sekitar Rp 1 miliar.

Finishing berupa pembangunan lantai, kamar mandi, pintu kios, pemasangan instalasi listrik dan lain-lain.

Ia juga menyatakan  fasilitas di Pasar Ayu masih kurang seperti belum ada meja dan kursi, juga ada pertunjukan budaya yang mampu menarik pembeli.

“Kami ingin pengadaan fasilitas itu sebaiknya tidak bergantung pada Pemkot. Kami berharap paguyuban pedagang juga mau berpartisipasi,” imbuhnya.

Sementara Sekretaris Komisi III DPRD Solo, Umar Hasyim, menambahkan jika target itu tidak tercapai, maka pihaknya akan memanggil DPP untuk mempertanggungjawabkan hal itu.

Di sisi lain Mandor Proyek Pembangunan Pasar Ayu tahap II, Dwi, mengatakan pihaknya akan berusaha menepati target dengan menambah pekerja sesuai usulan Komisi III DPRD Solo.

Dari 50 pekerja saat ini, ia akan menambah pekerja menjadi 75 orang karena pembangunan lantai atas lebih sulit dibanding pembangunan di lantai bawah.

“Kami optimis dapat memenuhi target pembangunan karena sebagian besar bahan bangunan berupa fabrikasi atau barang jadi. Ada 20 kios di lantai 2 yang kami bangun,” jelasnya saat dijumpai wartawan di Pasar Ayu, Selasa.

(aak)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya