SOLOPOS.COM - (detik)

(detik)

JAKARTA–Komisi I DPR menyesalkan aksi kekerasan terhadap wartawan di lokasi jatuhnya pesawat TNI AU Hawk 200 di Riau. Oknum TNI pelaku pemukulan terhadap wartawan tersebut harus dipidanakan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Untuk tindak pidana yang dilakukan pamen TNI AU terhadap wartawan, sangat disesalkan. Tugas jurnalistik seorang wartawan dilindungi oleh UU,” kata Wakil Ketua Komisi I DPR, Tubagus Hasanuddin, Rabu (17/10/2012).

Tubagus yang juga purnawirawan TNI memahami dalam regulasi jatuhnya pesawat tempur memang ada radius akses publik. Namun tidak perlu dijaga dengan kekerasan.

“Dalam regulasi kecelakaan pesawat-pesawat tempur dimanapun di dunia memang ada aturan bahwa dalam radius tertentu demi keselamatan publik tidak diperbolehkan mendekat pada sasaran , mengingat bisa saja pesawat tersebut membawa bahan peledak yang berbahaya untuk umum . Tapi wartawanpun berkepentingan dalam melaksanakan tugasnya , dalam kasus ini seharusnya petugas TNI AU cukup membuat garis pembatas , dan tak perlu melakukan pemukulan/ pencekikan thd wartawan tersebut,” jelasnya.

Karenanya dia mendorong pucuk pimpinan TNI mengambil sikap tegas. Polri juga harus mengusut unsur pelanggaran pidananya.

“Pelaku pemukulan harusnya segera diproses dan dipidanakan,” tegasnya.

Fotografer Riau Pos, Didi Herwanto, yang dicekik perwira TNI AU menjalani perawatan di rumah sakit. Telinga yang terkena pukulan mengeluarkan darah. Pemukulan terjadi karena Dedi mengambil gambar di lokasi jatuhnya Hawk 200 di Riau.

“Yang mukul Letkol Robert Simanjuntak. Dedi dipukul di kepala, dada, dan telinga. Sekarang telinganya ada pendarahan dan Dedi sekarang dirawat di Eka Hospital, Pekanbaru,” kata Pimpinan Redaksi Riau Pos Isyam Azwar saat dikonfirmasi, Selasa (16/10/2012).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya