SOLOPOS.COM - Andrinof Chaniago (Antara)

Komisaris BUMN menjadi jabatan baru bagi mantan Kepala Bappenas, Andrinof Chaniago.

Solopos.com, JAKARTA — Setelah dilengserkan dari Kabinet Jokowi-JK pada reshuffle pertama, mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Andrinof Chaniago kini dapat jabatan baru sebagai Komisaris Utama PT Angkasa Pura I (Persero) mulai pekan depan.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

“Iya [menjabat Komisaris Utama Angkasa Pura I], SK-nya sudah ada tapi tunggu pengumuman dari Kementerian BUMN saja,” ujar Andrinof saat ditemui di Kementerian BUMN, Kamis (29/10/2015).

Dia menuturkan dirinya diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membantu meningkatkan kinerja PT Angkasa Pura I, terutama dari sisi pelayanan publik. Meski demikian, lanjutnya, dia akan mempelajari terlebih dahulu mengenai Angkasa Pura I.

Andrinof mengaku dirinya merasa tertantang untuk membantu PT Angkasa Pura I dalam meningkatkan pelayanannya di wilayah Indonesia Timur. Apalagi, prioritas Rencana Pemerintah Jangka Menengah Nasional (RPJMN) juga mengarah ke timur.

“Saya merasa cocok dan tertantang disitu karena sejalan dengan misi yang tengah pemerintah jalankan, yakni mengembangkan wilayah Indonesia Timur di samping wilayah pinggiran,” tuturnya.

Ditanya mengenai terobosan yang akan dilakukan, dia mengaku belum bisa membeberkan. Meski begitu, sambungnya, jabatan sebagai Komisaris Utama Angkasa Pura I mulai efektif berjalan pada pekan depan.

Sementara itu, Corporate Secretary Angkasa Pura I Farid Indra Nugraha mengungkapkan selain Andrinof, ada dua nama lainnya yang mengisi jajaran Anggota Dewan Komisaris Angkasa Pura I, yakni Selby Nugraha dan Agus Susanto. “Jadi ada tiga nama baru tadi, yakni Andrinof Chaniago menggantikan Suratto Siswodihardjo, Selby Nugraha menggantikan Hakamuddin Djamal, dan Agus Susanto menggantikan Hermanto Dwiatmoko,” katanya.

Farid menilai ketiga nama baru tersebut memiliki sinergitas yang cukup baik. Dia optimistis pengembangan Angkasa Pura I di wilayah Indonesia Timur bakal lebih baik, dan berkontribusi terhadap pembangunan. Agus Susanto merupakan salah satu pejabat di Kementerian Perhubungan. Saat ini, dia menjadi Direktur Kebandarudaraan Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

Sepanjang paruh pertama tahun ini, Angkasa Pura I mencatatkan pendapatan usaha sebesar Rp2,53 triliun, atau tumbuh 11% dari total pendapatan usaha pada periode yang sama tahun lalu. Angkasa Pura I mengelola 13 bandara di Indonesia Timur a.l Bandara Ngurah Rai Bali, Juanda Surabaya, Hasanuddin Ujung Pandang, Sepinggan Balikpapan, Frans Kaisiepo Biak dan Sam Ratulangi Manado. Selain itu, ada Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Ahmad Yani Semarang, Adisutjipto Yogyakarta, Adisumarmo Surakarta, Selaparang Mataram, Pattimura Ambon, dan El Tari Kupang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya