Kominfo: Sobat Siber, Waspada Ada Aplikasi Ilegal Berkedok Fitur Azan

 Ilustrasi Aplikasi (Antara-Istimewa)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Aplikasi (Antara-Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Jangan sembarangan mengunduh aplikasi Sobat Siber, Kementerian Komunikasi dan Informatika menyebutkan ada aplikasi ilegal yang mencuri data pribadi pengguna.

Kementerian Kominfo meminta masyarakat untuk dapat memeriksa daftar aplikasi yang diduga mengambil data pribadi secara tanpa hak,” kata juru bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi, dalam pesan singkat kepada Antara, Kamis (21/4/2022).

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Bahkan akun Instagram resmi Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, @siberpoldametrojaya, merilis 11 aplikasi, antara lain menyediakan fitur adzan dan salat, yang mencuri data pribadi pengguna.

“Sobat Siber, waspada akan modus pencurian data pribadi berkedok aplikasi salat dan azan. Aplikasi tersebut telah banyak diunduh di Play Store,” kata @siberpoldametrojaya, dikutip Kamis.

Baca juga: Lebaran Punya HP Baru Harga di Bawah Rp2 Juta Mau?

Aplikasi tersebut berasal dari Google Play Store, yaitu Speed Camera Radar, Al-Moazin Lite (Prayer Times), WiFi Mouse (remote control PC), QR and Barcode Scanner, Qibla Compass – Ramadan 2022.

Kemudian Simple Weather and Clock Widget, Handcent Nex SMS-Text w/MMS, Smart Kit 360, Al Quran MP3 – 50 Reciters and Translation Audio, Full Quran MP3 – 50+ Language and Translation Audio dan Audiosdroid Audio Studio DAW.

Beberapa aplikasi ilegal itu bahkan sudah menembus 10 juta unduhan. Aplikasi bermasalah itu mencuri data pribadi antara lain berupa data lokasi, alamat email, nomor telepon, SSID jaringan dan alamat MAC router modem pengguna.

Untuk menjaga keamanan, Kominfo meminta masyarakat untuk memasang ulang (install ulang) aplikasi yang diduga memproses data pribadi tersebut, jika aplikasi tersebut sudah tampil lagi di Google Play Store. “Dan menghapus fitur yang memproses data pribadi secara tanpa hak,” kata Dedy.

Baca juga: Akui Binomo Ilegal, Ini Permintaan Maaf Influencer Indra Kenz

Pengguna juga harus memperbarui sistem keamanan perangkat dan tidak memberikan data pribadi kepada pihak yang tidak memiliki kepentingan. Terkait aplikasi ilegal ini, Kominfo berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya.

“Koordinasi lebih lanjut dengan pihak Polda Metro Jaya akan dilakukan terkait upaya dan langkah-langkah berikutnya yang akan diambil sesuai ketentuan yang berlaku,” kata Dedy.

Google, menurut Kominfo, sudah bertindak terhadap aplikasi-aplikasi ilegal tersebut. “Aplikasi tersebut diwajibkan untuk menghapus fitur pengambilan data pengguna, jika ingin dapat kembali diakses oleh penggunanya di Google Play Store,” kata Dedy.

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Tiap Tahun Penduduk Indonesia Buang Porsi Makan 125 Juta Orang

+ PLUS Tiap Tahun Penduduk Indonesia Buang Porsi Makan 125 Juta Orang

Data Program Lingkungan PBB (UNEP) menyebut Indonesia menjadi negara yang paling banyak menghasilkan sampah makanan di Asia Tenggara yang setara dengan porsi makan 61 juta hingga 125 juta orang atau 29-47% populasi.

Berita Terkini

Teknologi Militer Israel Terbaru, Bisa Lihat Benda di Balik Dinding

Teknologi militer Israel terbaru Xaver 1000 mampu melihat benda di balik dinding dengan teknologi artificial intelligence atau AI.

Tak Daftar di Kementerian Kominfo, Netflix Dan Twitter Bisa Diblokir

Apabila tidak melakukan pendaftaran PSE lingkup privat seperti Netflix hingga Twitter, menurut Kominfo bisa diblokir pada 21 Juli 2022.

Woi! Ada Warna Baru di Ponsel Lipas Huawei P50 Pocket

Ponsel lipat dari Huawei P50 Pocket kini hadir dengan dua warna baru, yakni Gold dan Silver.

Berikut Cara Memulihkan Akun WA Yang Dibajak

Aplikasi WhatsApp merupakan aplikasi pesan paling banyak penggunannya, sehingga rentan WA dibajak pelaku kejahatan.

Anda Harus Tahu! Ini Tanda WA Dibajak

Anda perlu waspada, aplikasi WhatsApp atau WA bisa disadap kendati dilengkapi fitur enkripsi end-to-end. Untuk mengatahuinya ini tanda WA dibajak.

Apa Itu DVB-T2 Dalam Siaran TV Digital

Pemerintah sudah mulai mengalihkan siaran TV analog ke TV digital. Agar bisa menangkap siaran TV digital dibutuhkan fitur DVB-T2. Apa itu DVB-T2?

Huawei Nova Y90 Meluncur Ini Spesifikasinya

Perusahaan teknologi multinasional asal China, Huawei baru saja meluncurkan smartphone baru untuk kelas menengah, Yakni Huawei Nova Y90.

Solusi Playstore Tidak Bisa Digunakan Biar Bisa On Lagi

Google Playstore tidak bisa digunakan. Adakah yang pernah mengalami kondisi seperti itu? Begini solusinya.

Ini Waktu dan Cara Melihat Fenomena 5 Planet Berjajar Mulai 24 Juni

Fenomena langka terjadi mulai Jumat 24 Juni hingga akhir Juni 2022, yakni lima planet berjajar di langit. Ini waktu yang tepat dan cara melihatnya.

Yuk Melihat Fenomena Langka 5 Planet Berjajar Pada 24 Juni 2022

Hari ini, Jumat 24 Juni 2022 Anda bakal menyaksikan fenomena langka yang hanya terjadi sekitar 18 tahun sekali yakni lima planet akan berjajar di langit.

Pasang Tempered Glass Pada Handphone, Sebaiknya Ketahui Efeknya

Tempered glass umumnya berbahan dasar kaca tipis atau plastik yang penggunaannya dengan cara direkatkan ke bagian layar HP.

Asisten Virtual Amazon Alexa Bakal Bisa Meniru Suara Orang

Amazon.com, yang berencana membuat asisten virtual Alexa buatannya memiliki kemampuan untuk menirukan suara orang lain.

Deretan 5 HP Rp4 Jutaan dengan Performa Andal dan Fitur Jempolan

Akan dirangkum di sini deretan 5 HP Rp4 jutaan dengan performa handal dan fitur jempolan khusus untuk Anda.

Laptop Gaming Acer Nitro 5, Ini Spesifikasinya

Laptop gaming Acer Nitro 5 seri AN515-57 menjadi salah satu laptop gaming incaran para gamers, berikut spesifikasinya.

Samsung Galaxy F13 Meluncur, Tapi Untuk Pasar India

Perusahaan elektronik asal Korea, Samsung kembali mengenalkan smartphone baru mereka dari seri F yakni Galaxy F13.

Jasa Jaringan Cloudflare Padam, Layanan Internet Down

Aplikasi media sosial dan sejumlah situs internet sempat down pada Selasa 21 Juni gegara layanan internet Cloudflare padam.