Kominfo Blokir Paypal, Seniman Sragen: Begitu Dibuka, Langsung Cairkan

Keputusan Kementerian Kominfo memblokir beberapa platform yang tidak didaftarkan di PSE, salah satunya Paypal berimbas kepada seniman di Kabupaten Sragen.

 Seniman Bumerang asal Desa Bendungan, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Sragen, Koko Handoko memperlihatkan hasil karyanya di tempat produksinya pada Senin (1/8/2022). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

SOLOPOS.COM - Seniman Bumerang asal Desa Bendungan, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Sragen, Koko Handoko memperlihatkan hasil karyanya di tempat produksinya pada Senin (1/8/2022). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

Solopos.com, SRAGEN — Seruan #BlokirKominfo menjadi trending di media sosial akibat keputusan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memblokir beberapa platform yang tidak didaftarkan di penyelenggara sistem elektronik (PSE), salah satunya Paypal.

Kebijakan tersebut berimbas kepada masyarakat. Salah satunya, seniman. Seperti disampaikan seniman pembuat bumerang asal Desa Bendungan, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Koko Handoko.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Dia mengaku terdampak kebijakan Kominfo memblokir Paypal. Koko menyampaikan kebijakan itu mempersulit transaksi jual beli skala ekspor yang selama ia lakukan.

“Waktu dibuka blokir [Paypal] ini langsung saya cairkan [uang yang ada di Paypal]. Takutnya nanti bermasalah,” terang Koko saat ditemui Solopos.com di rumahnya pada Senin (1/8/2022).

Koko mengatakan sistem pembayaraan menggunakan Paypal sebenarnya mudah daripada menggunakan eBay yang harus mempunyai kartu kredit. Rata-rata, katanya, pembeli dari luar negeri menggunakan Paypal sehingga penjual harus mengikuti pola transaksi dari pihak pembeli luar negeri.

Baca Juga : Google dan Youtube Sudah Daftar PSE, 15 Platform Belum Daftar

Menurut Koko Paypal menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan pembeli dari sejumlah negara, misalnya Australia, Swiss, Prancis, dan Jerman.

Terima Kasih

Kemudahan menggunakan Paypal menjadi salah satu daya tarik bagi konsumen mancanegara untuk membeli produknya. Koko mengaku akan bersabar dan menunggu informasi selanjutnya mengenai pemblokiran Paypal ini.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, mengatakan bahwa dirinya memperhatikan pendapat warganet dan berterima kasih atas pendapat yang telah diutarakan terkait penegakan aturan PSE.

“Saya memperhatikan pendapat warganet dan saya berterima kasih kepada pendapat warganet,” kata Johnny ketika menyampaikan keterangan kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (1/8/2022).

Pernyataan tersebut ia sampaikan sebagai tanggapan dari tagar #BlokirKominfo yang sempat menjadi tren pembicaraan di lini masa platform Twitter. Sejumlah situs mengalami pemblokiran oleh Kementerian Kominfo, seperti Steam dan PayPal.

Baca Juga : Apa Itu PSE Kominfo? Lagi Ramai Nih Banyak Yang Ingin Tahu

Lebih lanjut, ia mengatakan pihaknya telah melakukan normalisasi sementara ke sejumlah situs yang memiliki keterkaitan erat dengan kepentingan masyarakat, salah satunya layanan PayPal.

“Setelah memperhatikan kepentingan masyarakat, normalisasi diberikan. Kesempatan itu diberikan kembali dengan catatan. Kami akan melakukan koordinasi agar pendaftaran melalui online single submission bisa dilakukan,” tutur Johnny.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

    Espos Plus

    Mengenal Perempuan Pencetus Kali Pertama Teori Pemanasan Global

    + PLUS Mengenal Perempuan Pencetus Kali Pertama Teori Pemanasan Global

    Banyak perempuan di dunia sains yang wafat tanpa menyaksikan masyarakat modern hidup dengan memanfaatkan dan mengakui kontribusi mereka. Eunice Newton Foote (1819-1888) adalah pencetus kali pertama teori pemanasan global.

    Berita Terkini

    Daftar Kekosongan Jabatan Perdes di Eks Kawedanan Jatinom Klaten

    Berikut kekosongan jabatan perangkat desa di eks Kawedanan Jatinom, Klaten.

    Rumah dan Kandang di Tanon Sragen Terbakar, 1 Ekor Sapi Terpanggang

    Rumah dan kandang ternak milik warga Dukuh Dayan, Desa Gading, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah terbakar pada Minggu (7/8/2022).

    Meriah! Ratusan Orang Kunjungi Bedoro Festival Fair Sambungmacan Sragen

    Ratusan orang menghadiri Bedoro Festival Fair yang diselenggarakan di Lapangan Tunjungsemi, Desa Bedoro, Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen, pada Minggu (7/8/2022).

    Daftar Kekosongan Jabatan Perdes di Eks Kawedanan Delanggu Klaten

    Berikut kekosongan jabatan perangkat desa di eks Kawedanan Delanggu, Klaten.

    Malam Puncak Grand Final Putra Putri Solo 2022, Meriah tapi Khidmat

    Malam puncak grand final pemilihan Putra Putri Solo 2022 di Balai Kota Solo berlangsung meriah dihadiri Puteri Indonesia Lingkungan 2022 Cindy May McGuire.

    Kisah Sukses Penjual Kesemek Selo Boyolali, Tembus Pasar Singapura

    Kisah sukses ini berasal dari Rina dan keluarganya di Desa/Kecamatan Selo, Boyolali yang kesehariannya berjualan buah kesemek.

    Alasan DLH Solo Usulkan CFD Tanpa Pedagang, Hanya Masalah Sampah?

    Persoalan rendahnya kesadaran pedagang dan pengunjung untuk membuang sampah pada tempatnya menjadi salah satu alasan DLH Solo usulkan CFD tanpa pedagang.

    Bakal Ditutup Total 3 Bulan, Begini Pengaturan Lalin Simpang Joglo Solo

    Kementerian Perhubungan sudah menyiapkan manajemen rekayasa lalu lintas saat simpang Joglo, Banjarsari, Solo, ditutup total selama tiga bulan.

    Jadi Ikon Desa! 14 Kelompok Ikuti Festival Gejog Lesung Barepan Klaten

    Sebanyak 14 kelompok mengikuti Festival Gejog Lesung yang digelar di Pendapa Alun-alun Barepan, Kecamatan Cawas, Klaten, Minggu (7/8/2022) siang.

    Wah, Pelopor Karawitan Jangglengan Sukoharjo Ternyata Penjual Bakso

    Munculnya kelompok karawitan di Desa Jangglengan, Nguter, Sukoharjo, dipelopori oleh seorang warga yang pernah merantau di Bandung sebagai penjual bakso.

    Simpang Joglo Solo Ditutup 3 Bulan untuk Rel Layang, Catat Jadwalnya!

    BTP Jabagteng telah menyiapkan linimasa pembangunan rel layang di Simpang Joglo, Banjarsari, Solo, yang salah satunya berdampak penutupan total simpang tujuh itu selama tiga bulan.

    Pengumuman! Ndarboy Genk Manggung di Stadion Trikoyo Klaten Malam Ini

    Ruas Jl. Pemuda Klaten bakal diberlakukan dua arah, Minggu (7/8/2022) pukul 18.00 WIB-24.00 WIB.

    Ini Tren Make Up yang Digandrungi Kawula Muda di Sragen

    Paguyuban Perias Widuri Sragen menyebut jenis make up yang menjadi tren dan digandrungi kawula muda di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

    Minim Siswa, SMP Negeri di Jumapolo-Jatipuro Karanganyar bakal Digabung

    Pemkab Karanganyar berencana me-regrouping atau menggabungkan sejumlah SMP negeri di dua kecamatan di Kabupaten Karanganyar.

    DLH Usulkan CFD Solo Tanpa Pedagang, Menurutmu Bagaimana Lur?

    DLH Solo mengusulkan penyelenggaraan Car Free Day atau CFD di Jl Slamet Riyadi tanpa pedagang, paling tidak satu kali dalam sebulan.

    Menhub dan Gibran Cek Simpang Joglo Solo: Waspadai Titik Macet Baru!

    Menhub Budi Karya Sumadi bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengecek progres pekerjaan di lokasi proyek rel layang Simpang Joglo.