SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Kementerian Komunikasi dan Informtatika (Kominfo) melakukan pembatasan akses internet pada beberapa wilayah di Papua. Hal tersebut dilakukan dengan alasan adanya hoaks yang memicu aksi massa di Manokwari, Jayapura, dan beberapa tempat lain.

“Pelambatan akses internet dilakukan secara bertahap sejak Senin (19/8) pukul 13.00 WIT,” kata Plt. Kepala Biro Humas Kemkominfo RI, Ferdinandus Setu, dalam keterangan resminya, Senin (19/8/2019), yang dirilis Okezone.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Ferdinandus juga mengungkapkan jika mulai malam ini sekira pukul 20.30 WIT akses sudah dipulihkan kembali. Adapun pembatasan akses internet ini untuk mencegah luasnya penyebaran hoaks yang memicu aksi.

“Sejauh ini Kominfo sudah mengindentifikasi 2 [dua] hoaks, yakni hoaks foto [orang] Papua tewas dipukul aparat di Surabaya dan hoaks yang menyebutkan bahwa Polres Surabaya menculik 2 orang pengantar makanan untuk mahasiswa Papua,” kata Ferdinandus.

Dia juga mengungkapkan jika Kominfo mengimbau masyarakat untuk tidak menyebarkan hoaks, disinformasi, dan ujaran kebencian berbasis SARA yang dapat membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya