Komdis PSSI Keluarkan 14 Sanksi Liga 2, PSG Pati Paling Banyak

Komisi Disiplin (Komdis) PSSI menyidangkan sejumlah pelanggaran selama gelaran BRI Liga 1 dan Liga 2 mulai 8 September hingga 17 Oktober 2021.

 Pemain PSG Pati atau AHHA PS Pati merayakan gol. (istimewa/PT LIB)

SOLOPOS.COM - Pemain PSG Pati atau AHHA PS Pati merayakan gol. (istimewa/PT LIB)

Solopos.com, JAKARTA – Komisi Disiplin (Komdis) PSSI menyidangkan sejumlah pelanggaran selama gelaran BRI Liga 1 dan Liga 2 mulai 8 September hingga 17 Oktober 2021. Klub milik Atta Halilintar, PSG Pati, diganjar tiga sanksi sekaligus dengan total denda Rp83 juta.

Ketua Komdis PSSI, Erwin Tobing, dalam keterangan yang diterima Solopos.com pada Kamis (21/10/2021) mengatakan Komdis mencatat sebanyak 14 kasus sejak 1 Oktober hingga 17 Oktober dalam gelaran Liga 2. Menurutnya, pelanggaran paling banyak berupa keterlambatan kick off sebanyak tujuh kasus.

Lalu, sebuah kasus mendiskreditkan keputusan PSSI atau masuk ke dalam tingkah laku buruk ofisial. Ia turut mencatat pelanggaran para pemain seperti melanggar fair play berupa tindakan rasis kepada perangkat pertandingan dan menampel wasit sebagai perangkat pertandingan.

Baca Juga: PSG Pati Juru Kunci, Atta Halilintar: Kini Setiap Laga Seperti Final!

“Satu kasus lagi karena menyikut pemain lawan dan pelanggaran fair play karena kartu merah langsung. Ada juga tingkah laku buruk tim dalam satu pertandingan mendapatkan lima kartu kuning atau lebih sebanyak dua kasus. Total pelanggaran Liga 2 ada 14 kasus. Saya berharap, baik Liga 1 dan 2 tidak ada lagi pelanggaran berat ke depan. Semua ingin sepak bola ini berjalan fair play,’’ imbuh Erwin.

Sementara itu, pihaknya mencatat 12 kasus selama gelaran BRI Liga 1 dengan klasifikasi berbeda-beda. Ia merinci perilaku buruk tim yakni terlambat melangsungkan kick off terdapat lima kasus. Kemudian terdapat tiga kasus sebuah tim satu mendapatkan lebih dari lima kartu kuning dalam satu pertandingan.

Lalu, pihaknya juga mencatat sebuah pelanggaran tamu VIP yang masuk ke ruang ganti pemain ada satu kasus. Sementara itu, perilaku buruk pemain berupa ganjaran kartu merah langsung terdapat dua kasus. “Jadi total pelanggaran sejak 8 September hingga 9 Oktober adalah 12 kasus. Ini belum termasuk Liga 2,’’ ujar Erwin.

PSG Pati

Dalam rincian data yang dikeluarkan Komdis PSSI, PSG Pati tercatat sebagai tim dengan jumlah sanksi terbanyak. Sebulan, tim milik Atta Halilintar itu mendapat tiga sanksi sekaligus. Komdis mendenda PSG Pati sebanyak Rp30 juta karena terlambat melakukan kick off dalam pertandingan PSCS Cilacap vs PSG Pati pekan lalu.

Lalu, mantan pemain Timnas Indonesia, Nur Hidayat Haji Haris dilarang bermain sebanyak 3 pertandingan dan denda Rp3 juta. Nur Hidayat dianggap menodai fair play dengan menyikut pemain lawan dengan keras saat PSG Pati melawan Persijap Jepara.

Baca Juga: Gibran Nonton Bareng Atta Halilintar, Kaesang: Ahsyiap Mas Wali

Lalu, sanksi paling berat diterima oleh pemain belakang PSG Pati, Heri Setiawan, dilarang bermain selama 6 bulan ke depan. Artinya, Heri tidak akan membela PSG Pati hingga akhir kompetisi Liga 2. Heri juga didenda sebanyak Rp50 juta setelah dianggap melanggar kode disiplin dengan memukul wasit sebagai perangkat pertandingan saat melawan Persijap Jepara.

Sementara itu, tim milik Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, RANS Cilegon, juga dianggap sebagai tim bertingkah laku buruk oleh Komdis PSSI. RANS Cilegon didenda Rp30 juta karena terlambat kick off pada pertandingan Persekat melawan RANS Cilegon awal bulan lalu.

Tim milik Kaesang Pangarep, Persis Solo, tergolong tim disiplin karena terbebas dari denda kepada tim maupun pemain hingga saat ini.

Berita Terkait

Berita Terkini

Hasil Imbang, Southampton Hentikan Tren Kemenangan City

Southampton menghentikan tren kemenangan Manchester City setelah menahan imbang tamunya itu dengan skor 1-1.

MU Menang atas West Ham, Aston Villa Pecundangi Everton dengan Satu Gol

Sebuah gol yang tercipta tepat satu menit sebelum pertandingan berakhir yang dicetak Marcus Rashford membawa Manchester United (MU) menang atas West Ham United.

Gegara FIFA Matchday, Laga PSIS kontra Madura United Diundur

Akibat adanya FIFA Matchday, duel PSIS Semarang kontra Madura United pada lanjutan BRI Liga 1 musim 2021-2022 diundur.

Perbasi Lagi Susun Pemain Timnas Bola Basket 3X3, Kamu Minat?

Perbasi berencana membentuk timnas bola basket 3x3 untuk diikutsertakan dalam kejuaraan dunia.

Walah! Timnas Putri Indonesia Dibantai Australia 0-18

Timnas putri Indonesia mengalami hasil mengecewakan setelah dibantai Australia 0-18 pada ajang Piala Asia Putri 2022.

Sandiaga Uno Pastikan MotoGP Mandalika Tetap Berlangsung

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, memastikan ajang MotoGP 2022 tetap akan digelar di Sirkuit Internasional Mandalika pada Maret nanti.

Dua Pemain Asing Perkuat Kudus Sukun Badak di Proliga 2022

Dua pemain asing siap memperkuat Kudus Sukun Badak saat melawan Jakarta Pertamina Pertamax, Jumat (20/1/2022).

Jesse Lingard Berpeluang Hengkang ke Newcastle United

Newcastle United dihadapkan dengan situasi di mana Jesse Lingard saat ini dapat berkomunikasi dengan klub di luar Inggris

Kejurkot PBSI Kota Solo Siap Digelar, Ada Legenda Bulu Tangkis

Kejurkot PBSI Piala Wali Kota Solo 2022 akan dimeriahkan dengan penampilan legenda bulu tangkis Indonesia.

Kabar Gembira untuk MU, Paul Pogba Pulih dari Cedera

Paul Pogba siap kembali merumput pada awal Februari nanti setelah menepi cukup panjang menyusul cedera paha sejak November 2021 lalu.

Marukawa Dikaitkan dengan Persis Solo, Ini Respons Presiden Persebaya

Salah satu pemain asing yang dikaitkan dengan Persis Solo adalah penyerang Persebaya Surabaya, Taisei Marukawa.

Azrul: Hubungan Suporter Persis Solo dan Persebaya Bikin Merinding

Presiden Persebaya Surabaya, Azrul Ananda, menyebut hubungan suporter Persis Solo dan Persebaya berjalan baik.

Temui Gibran, Presiden Persebaya Surabaya: Selamat Persis Solo!

Presiden Persebaya yang juga Founder DBL, Azrul Ananda, menemui Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Solo pada Rabu (19/1/2022) sore.

Prediksi Skor dan Line Up Leicester City vs Tottenham Hotspur

Leicester City akan menghadapi Tottenham Hotspur dalam lanjutan Liga Premier Inggris.

Masih Terikat Kontrak, Banyak Pemain Persis Solo Bakal Bertahan

Sejumlah pemain Persis Solo saat ini banyak menghuni klub-klub Liga 1 dengan status pinjaman.

Performa di Liga 1 Menurun, Persija Jakarta Depak Pelatih

Persija Jakarta resmi mendepak pelatih Angelo Alessio. Keputusan itu dibuat manajemen Macan Kemayoran menyusul hasil minor selama putaran kedua BRI Liga 1.