Koma Sebulan, Bayi di Brasil Bisa Sembuh dari Covid-19
Bayi pasien Covid-19. (Istimewa)

Solopos.com, RIO DE JANEIRO - Seorang bayi berusia lima bulan di Brasil terkonfirmasi positif virus corona atau Covid-19. Setelah koma selama sebulan, bayi laki-laki itu akhirnya dinyatakan sembuh dari virus tersebut.

Dikutip dari detik.com, Senin (1/6/2020), bayi laki-laki ini bernama dom. Dia terinfeksi virus corona beberapa bulan setelah dia dilahirkan. Saat terkonfirmasi positif Covid-19, dia kemudian menjalani perawatan di rumah sakit Pro-Cardiaco di Rio de Janeiro, Brasil.

Kenormalan Baru Klaten: Rekam Data E-KTP di Disdukcapil Wajib Bawa Surat Kesehatan

Dom menjalani perawatan selama 54 hari di rumah sakit. Selama 32 hari di antaranya dia berada dalam keadaan koma dan menggunakan ventilator. Kini, dia sudah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang dari rumah sakit.

"Dia mengalami kesulitan bernapas jadi dokter mengira itu infeksi bakteri. Namun pengobatannya tidak manjur dan kondisinya memburuk. Kemudian saya dan istri saya memutuskan untuk membawanya ke rumah sakit kedua dan mereka memeriksanya. Itu adalah virus Corona," ujar ayah Dom, Andrade.

Jatuh di Meger Klaten, Balon Udara Raksasa Ponorogo Disimpan Warga

Sumber Penularan

Belum diketahui secara pasti bagaimana bayi ini tertular Covid-19. Namun, sang ayah memperkirakan anaknya tertular saat mengunjungi rumah seorang kerabat. Andrade dan istrinya, Viviane Monteiro, menyebut sembuhnya sang anak dari virus corona sebagai sebuah keajaiban.

"Pertama, saya merasa lega, dan kemudian merasakan kebahagiaan yang tak terlukiskan. Kami ingin sekali membawanya pulang selama lebih dari 50 hari," ucap Andrade.

Data Lengkap Covid-19 Indonesia: Awal Juni, Kasus Positif Capai 26.940 Orang

Selanjutnya, Dom akan merayakan usia ke-6 bulan pada 14 Juni 2020 di rumahnya bersama orangtuanya. Kerabat akan ikut merayakan, namun secara virtual.

Menurut data Kementerian Kesehatan, Brasil sejauh ini melaporkan 29 kematian akibat virus corona di kalangan bayi berusia di bawah 12 bulan. Total kasus virus Corona di Brasil kini mencapai 465.166 kasus, dengan 27.878 kematian.

Warga Wonogiri Punya KKS Tapi Tak Pernah Terima Bantuan, Begini Penjelasan Dinsos


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho