Koleksi Ototrondolo Wonogiri, Ada Panther Bonet Bekas Kendaraan Jokowi

Museum Ototrondolo Wonogiri mengoleksi mobil Panther Bonet yang merupakan bekas kendaraan Joko Widodo (Jokowi) sewaktu masih menjabat Wali Kota Solo. 

 Mobil Panther Bonet bekas milik Joko Widodo sewaktu menjabat Wali Kota Solo, Jumat (14/1/2022). (Solopos.com/Luthfi Shobri Marzuqi)

SOLOPOS.COM - Mobil Panther Bonet bekas milik Joko Widodo sewaktu menjabat Wali Kota Solo, Jumat (14/1/2022). (Solopos.com/Luthfi Shobri Marzuqi)

Solopos.com, WONOGIRI—Wonogiri ternyata memiliki museum otomotif yang diberi nama Ototrondolo. Bertempat di Desa Tremes, Kecamatan Sidoharjo, Wonogiri, Ototrondolo yang diresmikan pemiliknya, Suparno, 2 Mei 2021, memamerkan beragam kendaraan jadul.

PromosiGaya Bahasa Khusus Wong Gemolong Sragen, Sudah Tahu Belum?

Menurut manajer pengelola Ototrondolo, Aprian Rizki, sebelum jadi museum Ototrondolo dulu merupakan bengkel karoseri untuk bus dan mobil.

“Dulu di sini jadi bengkel karoseri. Tapi karena pemiliknya memikirkan peluang bisnis di bidang wisata, kendaraan jadul yang dipunyainya juga, lalu tempat ini dijadikan museum yang berisi kendaraan jadul bernilai sejarah,” kata laki-laki yang akrab disapa Rizki ketika ditemui Solopos.com, Jumat (14/1/2022).

Baca Juga: 10.100 Keluarga di Klaten Terima Pencairan Bansos KKS BPNT

Mobil berjenis Panther Bonet yang berada di ruang pamer, menurut Rizki, jadi salah satu kendaraan koleksi museum yang punya nilai sejarah. Mobil Panther Bonet itu merupakan bekas kendaraan yang dipakai Joko Widodo (Jokowi) sewaktu masih menjabat Wali Kota Solo.

Selain mobil bekas tokoh yang kini menjadi Presiden, ada deretan mobil lain yang dipamerkan. “Jumlahnya sekitar 20 mobil. Belum semuanya dipamerkan di sini karena masih ada yang direstorasi,” lanjut Rizki.

Ototrondolo juga memiliki mobil Civic bermodel sedan buatan 1988, mobil Volvo hitam yang disebut manajer pengelola Ototrondolo biasa dipakai pejabat pemerintah, hingga mobil Gaz buatan Rusia yang dibikin pada 1969 untuk digunakan sebagai pengangkut pasukan militer.

Baca Juga: Tak Ada Pohon Sawit, Desa Sawit Klaten Ternyata dari Nama Gending

Selain dipamerkan, menurut Rizki, beberapa mobil yang dipamerkan Ototrondolo juga berpeluang untuk dijual. Ia mencontohkan mobil bekas milik Jokowi siap dilepas jika ada yang membelinya seharga Rp399 juta.

“Saat ini kami buka setiap hari, tapi antusiasme warga Wonogiri di bidang otomotif masih kurang,” ujar Rizki ketika ditanyai jumlah pengunjung Ototrondolo sejak resmi dibuka.

Saat ini mereka sedang dalam tahap promosi wisata. Rizki menambahkan pada Oktober 2021 Ototrondolo mengadakan kontes mobil kijang dengan kategori interior dan eksterior yang orisinil.

Baca Juga: Beri Bantuan Penyandang Disabilitas Basin, Kapolres Klaten: Semangat!

Event-event semacam itu sedang kami galakkan sebagai ajang promosi Ototrondolo,” pungkas Rizki.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Damkar Sukoharjo Gandeng Semua Perusahaan Punya Hidran Jadi Mitra

Sekitar 20 perusahaan yang berdiri di Sukoharjo saat ini sudah menandatangani MoU dengan Damkar Sukoharjo dalam hal penanganan kebakaran.

Sensasi Makan Pentol Bakar 1 Meter di Sriwedari Solo, Pedasnya Nampol!

Seorang pedagang kuliner di selter barat Pengadilan Negeri Solo membuat inovasi unik yakni pentol bakar sepanjang 1 meter yang tidak hanya enak tapi juga mengenyangkan.

Dihapus pada 2023, Ini Jumlah Pegawai Honorer Pemkot Solo

Pegawai honorer atau tenaga kontrak dengan perjanjian kerja (TKPK) di Kota Solo masih sangat dibutuhkan untuk memenuhi kekurangan jumlah PNS.

Puluhan Pegawai KAI Daop 6 Yogyakarta Jalani Tes Deteksi Narkoba

Puluhan pegawai PT KAI Daop 6 Yogyakarta dari jajaran masinis hingga top management menjalani tes urine deteksi narkoba.

Jalan TMMD Bisa Pangkas Jarak di Sendangmulyo Wonogiri 8,5 Kilometer

TMMD akan membangun jalan baru berstruktur makadam yang menghubungkan Dusun Kraguman dengan Dusun Sendang.

PTM Terbatas 100 Persen Klaten Dievaluasi

Pemkab Klaten masih mengevaluasi kembali kegiatan PTM terbatas dengan mempertimbangkan perkembangan kasus Covid-19.

Kasus Covid-19 Meningkat, Klaten Kembali Perketat Pendatang

Kasus Covid-19 Klaten meningkat berawal dari para perantau yang berdatangan ke Klaten.

Ada Penyelundupan Narkoba, Tes Urine Warga Binaan Rutan Solo Negatif

Hasil tes urine secara acak terhadap 15 penghuni sel narkoba di Rutan Solo diketahui negatif. Tes urine ini menindaklanjuti penyelundupan jeruk berisi benda diduga sabu-sabu.

Peduli, Polres Klaten Bedah Rumah Warga di Karanganom

Kegiatan bedah rumah itu dilakukan bersama Kodim Klaten, Pemerintah Desa (Pemdes) Kunden, sukarelawan, dan elemen warga lainnya di Karanganom dan sekitarnya.

Pemkot Solo Siapkan 3 Lokasi Darurat bagi Pedagang Pasar Mebel Gilingan

Selama pembangunan sentra IKM, sebanyak 85 pedaagang Pasar Mebel Gilingan, Banjarsari, Solo, akan dipindahkan sementara ke pasar darurat di tiga lokasi.

Keren, Desa Pondok Klaten Ubah TPS Liar Jadi Taman-Fasilitas Olahraga

Pembangunan kawasan taman sekaligus fasilitas olahraga di lahan tanah kas desa seluas kurang lebih 5.000 meter persegi itu menjadi bagian penataan wajah desa di Pondok.

Penyelundupan Barang ke Rutan Solo Masih Terjadi, Terus Apa Solusinya?

Penyelundupan barang-barang terlarang ke dalam Rutan Solo masih saja terjadi meski pengamanan dan pemeriksaan sudah sangat ketat.

Menyusut 6.391 Ton, Alokasi Pupuk Subsidi NPK di Wonogiri 34,43 Persen

Alokasi awal pupuk bersubsidi jenis NPK Phonska sebesar 17.752 ton atau 34,43 persen dari rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK).

DPRD Karanganyar Minta Pemerintah Beri Solusi Bagi Tenaga Honorer

Wakil Ketua DPRD Karanganyar meminta pemerintah tidak serta merta menghapus tenaga honorer tanpa memberi solusi bagaimana nasib masa depan mereka.

Angka Kasus Covid-19 Karanganyar Naik Lagi, Jangan Abaikan Prokes

Dalam beberapa hari terakhir terjadi peningkatan jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Karanganyar. Warga diminta waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan.