Kolaborasikan K-Pop & K-Drama

Drama Korea atau biasa disebut K-drama semakin moncer seiring dengan semakin merebaknya K-pop. Stasiun kabelpun memanfaatkan gelombang K-drama dan K-pop itu, seperti stasiun TV kabel TvN, misalnya.

Tayang bersamaan dengan sekuel Dream High adalah drama Shut Up: Flower Boy Band. Beberapa pemain dalam drama ini juga penyanyi. Lee Hyun Jae, drummer band indie Mate dan kameo di dua episode, Lee Min Ki, aktor yang juga penyanyi rock. Selain berakting, Lee Min Ki juga menyanyikan lagu tema untuk drama, Not In Love.

Dari koreanmaniac.com, Park Jung min menyusul artis Korea lain ikut debut acting di Taiwan. Park Jung min bermain lewat drama Taiwan berjudul Fordant Garden bersama aktris Shara Lin.

Super Junior (SuJu) pun berhasil menyabet SBS Entertainment Awards - Best Newcomer Aktor  karena debut dramanya berjudul Oh! My Lady.  Aktivitas boy band pun diabadikan pada drama Korea Shut Up Flower Boy Band. Drama Korea yang satu ini menceritakan tentang sebuah band rock di sebuah Perguruan Tinggi dan bagaimana mereka berurusan dengan persahabatan, cinta, dan ambisi mereka dalam bermusik.

Shut Up Flower Boy Band  adalah proyek kedua dari tvN's. Drama seri pertamanya berjudul Flower Boy Ramyun Shop.

Euforia loncat haluan ke drama ini tentu saja membuat demam drama Korea (K-drama) makin melambung. Tidak saja demam boyband dan boygirl yang membuat lecutan besar pada Korean Pop (K-Pop).

Fenomena ini terlihat ketika kali pertama drama Korea Winter Sonata dan Autumn in My Heart digandrungi pecinta drama. Tidak hanya penonton yang maniac drama Korea, tapi juga penonton umum pun ikut terhanyut dengan alur cerita yang mengharukan dan menguras air mata.

Dilansir koreandrama.org, banyak faktor penyebab munculnya K-drama. Tema cinta tetap menjadi daya tarik tetapi bumbu-bumbunya alias kemasan pun semakin bervariasi. Mulai dari komedi (Full House) dan laga (City Hunter).

Faktor penyebab lain adalah demam budaya pop Korea lainnya (yaitu musik K-pop) yang kini semakin banyak disusupkan dalam drama Korea. Drama Korea yang dikemas dalam format musik, mengambil tema musik pop Korea, atau mengeksploitasi kepopuleran dan kegantengan dan kecantikan para penyanyi K-pop. Di tahun-tahun sebelumnya, drama yang menggandeng K-pop masih bisa dihitung dengan jari.

Eri Maryana



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom