Tutup Iklan

Kolaborasi, Kata Kunci Untuk Menurunkan Angka Kemiskinan di Wonogiri

Untuk menurunkan angka kemiskinan di Wonogiri dibutuhkan kolaborasi semua pihak dan pelaku usaha menjadi garda terdepan.

Kolaborasi, Kata Kunci Untuk Menurunkan Angka Kemiskinan di Wonogiri

SOLOPOS.COM - Talkshow virtual Solopos, Bersama Membangun Kabupaten Wonogori, “Go Nyengkuyung Wonogiri”. (Tangkapan layar)

Solopos.com, SOLO – Kolaborasi semua pihak untuk menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Wonogiri, menjadi kata kunci yang disampaikan oleh para narasumber talkshow virtual yang digelar Solopos, Kamis (10/6/2021) malam.

Talkshow virtual yang dipandu Presiden Direktur Solopos Group, Arif Budisusilo mengusung tema, Bersama Membangun Kabupaten Wonogori, “Go Nyengkuyung Wonogiri”. Disiarkan secara langsung di SoloposTV, Instagram, dan Facebook Solopos.

Menghadirkan narasumber, Plant Director Deltomed, Nyoto Wardoyo, Apt., Owner Regar Sport Industri Indonesia, Jumariyanto. Kemudian Direktur Utama Widodo Makmur Unggas, Ali Mas’adi dan Region Sales JNE Jateng-DIY, Bambang Widiatmoko.

“Bupati Wonogiri, Joko Sutopo yang dijadwalkan ikut hadir, namun karena ada kegiatan maka diwakili Kepala Dinas KUKM dan Perindag, Wahyu Widayati,” jelas Presdir Solopos Group, Arif Budisusilo.

Baca juga: Pemulihan Sektor Pariwisata Wonogiri Butuh Waktu Lama

Kendati demikian Wahyu Widayati diberi kesempatan pertama untuk berbicara dalam talkshow yang didukung sejumlah pihak. Mulai dari Deltomed, Widodo Makmur Unggas, JNE Express, Regar Sport, Artugo, Universitas Terbuka Surakarta, hingga Prodia.

“Dari data statistik angka kemiskinan di awal 2016 cukup tinggi, 13,12 persen. Kemudian di kepemimpinan Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, pada 2019 angka kemiskinan turun menjadi 10.25 persen. Namun di 2020, karena pandemi Covid-19 naik lagi menjadi 10,86 persen,” kata Wahyu Widayati membuka pembicaraan.

Selain itu, lanjut Wahyu, untuk pertumbuhan ekonomi di 2016 mencapai 5,25 persen, namun sekali lagi karena pandemi di 2020 menjadi -1,41 persen. Kondisi ini juga mungkin dialami daerah lain akibat pandemi.

“Untuk menurunkan angka kemiskinan di Wonogiri dibutuhkan kolaborasi dan pelaku usaha menjadi garda terdepan. Perlu diketahui pelaku usaha mikro mencapai 38.000 lebih, tapi pelaku usaha besar di Wonogiri masih sedikit,” jelasnya.

Baca juga: Puan Maharani Bakal Ketemu Gibran di Solo, Ganjar Pranowo Diundang Tidak?

Partisipasi Seluruh Elemen

Hal ini, menurut Wahyu Widayati sesuai dengan visi misi Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, Nyawiji Sesarengan Mbangun Wonogiri. Dengan mendorong partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat untuk memberikan sumbangsih dan kontribusi nyata membangun wilayah Wonogiri.

Ajakan kolaborasi ini mendapat respons positif dari narasumber lainnya. Plant Director Deltomed, Nyoto Wardoyo mengatakan untuk menurunkan angka kemiskinan pihaknya terus memberdayakan petani. Juga dalam penyerapan tenaga kerja, 75 persen dari Wonogiri.

“Apalagi bahan utama produk Deltomed adalah empon-empon. Jahe menjadi bahan baku dan ini banyak didapatkan di Wonogiri. Kami pun memberdayakan dengan memberikan pelatihan agar jahe yang dihasilkan sesuai standar. Sehingga bisa kami beli dengan harga tinggi bahkan lebih tinggi dari harga pasar,” ujar Nyoto.

Baca juga: Program Beasiswa untuk Mahasiswa Berprestasi Dilanjutkan

Demikian juga menurut Direktur Utama Widodo Makmur Unggas (WMU), Ali Mas’adi, sebagian besar tenaga kerja berasal dari Wonogiri. Tidak hanya itu pihaknya juga transfer pengetahuan dengan bekerja sama SMK untuk belajar di peternakan modern WMU.

“Kami juga ingin berkolaborasi dengan Deltomed karena ada limbah pupuk yang bisa untuk petani jahe. Kemudian dengan Regarsport untuk marketplacenya, dan JNE untuk mengirim produk-produknya,” ujar Ali.

Baca juga: Rencana Sembako Kena PPN, Pedagang: Kami Bisa Gulung Tikar

Lompatan besar juga dilakukan owner Regar Sport, Jumariyanto yang terus mengembangkan usahanya yang semula hanya jersey voly menjadi industri digital yang terus berkembang. Bahkan dari semula sembilan tenaga kerja kini karyawannya menjadi 400 orang.

“Kami juga dari semula 8.000 reseler, kemudian di tengah pandemi di mana bisnis online berkembang pesat bertambah menjadi 40.000 reseler. Di samping itu karyawan kami juga berkesempatan menjadi pelaku UMKM sesuai kemampuannya,” jelas Jumariyanto.

Sedangkan Region Sales JNE Jateng-DIY, Bambang Widiatmoko, menyampaikan bahwa pihaknya siap membantu UMKM di Wonogiri. Berkolaborasi dengan Pemkab Wonogiri untuk bersama-sama menurunkan angka kemiskinan.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Talang Atap Pasar Gede Solo Bocor Banjiri Barang Dagangan, Sudah 5 Bulan Belum Diperbaiki

Talang dan atap Pasar Gede Solo bocor sehingga air kerap membanjiri barang dagangan di salah satu kios setiap kali turun hujan deras.

Dokter Lo Dirawat Di ICU RS Kasih Ibu Solo, Sakit Apa?

Dokter Lo yang terkenal karena kegigihan dan kedermawanannya menolong pasien saat ini tengah dirawat di ruang ICU RS Kasih Ibu Solo.

Aturan Jam Buka Pusat Perbelanjaan Solo Bakal Direvisi, Pukul 8 Malam Harus Tutup

Aturan terkait jam buka pusat perbelanjaan Kota Solo bakal direvisi untuk menyesuaikan dengan instruksi terbaru Menteri Dalam Negeri.

Pascaperusakan Makam Mojo, Mobil Dinas Wali Kota Solo Gibran Diinapkan di Lapangan Kenteng

Mobil dinas Wali Kota Solo Gibran diinapkan di Lapangan Kenteng yang berjarak beberapa meter dari rumah belajar pelaku perusakan makam Mojo.

Korsleting Saat Isi Daya Sepeda Listrik, 3 Rumah Di Sondakan Solo Terbakar

Tiga rumah di wilayah Sondakan, Laweyan, Solo, terbakar diduga akibat korsleting saat salah satu penghuni rumah mengisi daya sepeda listrik.

10 RS Rujukan Covid-19 Solo Penuh, 15 Pasien Dirujuk Ke Rumkitlap Benteng Vastenburg

Sebanyak 15 pasien positif Covid-19 saat ini menjalani perawatan di rumah sakit lapangan atau rumkitlap Benteng Vastenburg Solo.

21 Pegawai Termasuk Hakim Positif Covid-19, Kantor PN Klaten Tutup Sementara

Kantor Pengadilan Negeri atau PN Klaten ditutup sementara per Senin (21/6/2021) lantaran ada 21 pegawai yang positif Covid-19.

Puluhan Ketua RT Di Gayam Sukoharjo Jadi Tracer, Baru 2 Hari Sudah Temukan 16 Kasus Covid-19

Sebanyak 43 ketua RT di Kelurahan Gayam, Sukoharjo, diberdayakan menjadi tracer kontak erat warga setempat yang positif Covid-19.

Siap Jemput Bola, Pemkab Sragen Kebut Vaksinasi Untuk Lansia

Pemkab Sragen kembali melakukan vaksinasi terhadap lansia. Bahkan, Pemkab melakukan strategi jemput bola demi mempercepat vaksinasi ini.

51.000 Pengusaha Mikro Wonogiri Mengakses Program Bantuan Modal

Bantuan modal dari pemerintah pusat merupakan stimulan bagi pelaku usaha mikro agar usaha mereka bangkit di tengah pandemi Covid-19.

Covid-19 Klaten Meledak Lagi, Tambah 216 Kasus Dalam Sehari

Kasus Covid-19 Klaten meledak lagi dengan penambahan 216 orang yang terkonfirmasi positif dalam sehari dan delapan orang meninggal dunia.

Ini Kunci Sukses Dukuh Plosoarum Klaten Keluar dari Zona Merah Persebaran Covid-19

Dukuh Plosoarum, Desa Sekarsuli, Kecamatan Klaten Utara, mampu keluar dari zona merah Covid-19, dalam tempo singkat. Begini kiat-kiatnya.

Resmi! Hajatan di Klaten Dilarang, Nekat Bakal Dibubarkan

Kegiatan hajatan dipastikan dilarang dan hanya diperbolehkan digelar ijab kabul menyusul Klaten masuk dalam zona merah atau risiko tinggi penularan Covid-19.

Protes Sistem Zonasi PPDB, Emak-Emak Klaten Tengah Geruduk SMAN 1 Klaten

Sejumlah orang tua calon siswa mendatangi SMAN 1 Klaten untuk memprotes sistem zonasi PPDB yang mereka anggap merugikan.

Soal Perusakan Makam Di Mojo Pasar Kliwon, Ini Kata Kapolresta Solo

Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menjelaskan tentang langkah polisi dalam penanganan kasus perusakan makam di Kelurahan Mojo.

Tambah Lagi, Total 107 Karyawan Pabrik Sepatu di Jaten Terpapar Covid-19

Karyawan pabrik sepatu di Kecamatan Jaten yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah menjadi 107 orang.

Lengkapi Barang Bukti, Polisi Sragen Ubek-Ubek Jamban Cari Celana Dalam Bocah Korban Pencabulan Sukodono

Polisi Sragen mengubek-ubek jamban untuk mencari celana dalam milik bocah korban pencabulan di Sukodono sebagai barang bukti,

Waspada! 35 Persen Pasien Covid-19 Meninggal Dunia Di Klaten Tak Punya Komorbid

Sebanyak 35% dari total jumlah pasien positif Covid-19 Kabupaten Klaten yang meninggal diketahui tidak memiliki komorbid.

Perusakan Makam di Solo Dilakukan Anak-Anak, Pemerhati Anak: Ini Tanggung Jawab Bersama!

Pemerhati Anak, Ketua Sahabat Kapas, Dian Sasmita, menanggapi perusakan makam yang dilakukan oleh sepuluh anak-anak di Mojo, Pasar Kliwon, Solo.

BPCB Jateng Tutup Candi Ceto dan Sukuh Karanganyar, Ada Apa Ya?

BPCB Jateng menutup objek wisata Candi Sukuh, Candi Ceto, dan Museum Sangiran Klaster Dayu, Karanganyar, mulai 22 Juni hingga 2 Juli.

Mangkrak 1 Tahun, Begini Kondisi SDN 2 Kragilan Sragen yang Disiapkan untuk Isolasi Pasien Covid-19

Bangunan SDN 2 Kragilan, Kecamatan Gemolong, Sragen, sudah tidak terpakai sejak setahun terakhir akan digunakan untuk tempat isolasi.

Marak Bangunan Liar di Tepi Jalan Solo-Purwodadi, Ini Sebabnya!

Jumlah bangunan liar di tepi jalan Solo-Purwodadi, tepatnya di saluran irigasi Kedung Kancil di wilayah Doyong dan Soko, Kecamatan Miri, Sragen, terus bertambah.

Lokasi Pendidikan Anak-Anak Perusak Makam Mojo Solo Tak Berizin, Kemenag Jateng: Bubarkan!

Kemenag memastikan tempat pendidikan anak-anak pelaku perusak makam di Mojo, Pasar Kliwon, Solo, tidak berizin dan harus dibubarkan.

Nongkrong Berkerumun di Klaten, Siap-Siap Jadi Sasaran Swab Antigen

Pemkab Klaten akan melakukan tes swab antigen terhadap warga yang ketahuan nongkrong berkerumun dan melewati batas jam malam.

Ikut Rewangan Akikahan, 8 Keluarga di Purbayan Baki Sukoharjo Kena Covid-19

Delapan keluarga di satu perumahan di kawasan Purbayan, Baki, Sukoharjo, terpapar Covid-19 setelah ikut rewangan akikah.

Ketua GP Ansor Solo Dukung Gibran Tutup Lokasi Pendidikan Anak-Anak Pelaku Perusakan Makam

Ketua GP Ansor Solo, Arif Syarifuddin, menyayangkan aksi perusakan makam yang dilakukan oleh anak-anak seusia sekolah dasar.

Jangan Kecele! Tempat Wisata di Boyolali Tutup Sepekan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali kembali menutup semua tempat wisata di wilayah Boyolali selama sepekan mulai Selasa (22/6/2021).

Kelelahan Mendaki, Gadis 17 Tahun Asal Solo Digendong Turun Gunung Lawu

Gadis asal Kota Solo, B, 17, terpaksa digendong turun dari Gunung Lawu karena kelelahan saat mendaki bersama rombongannya.

Dari Hajatan Hingga Kerja Bakti, Ini Daftar Klaster Covid-19 yang Masih Aktif di Boyolali

Sejumlah klaster di Kabupaten Boyolali dengan kasus yang cukup besar masih aktif. Klaster itu bermula dari kegiatan warga seperti hajatan hingga kerja bakti.

5 Bangunan di Tepi Saluran Kedung Kancil Sragen Punya Sertifikat Hak Milik, Kok Bisa?

Lima bangunan yang berdiri di tepi saluran irigasi Kedung Kancil, Sragen, sudah mengantongi sertifikat hak milik (SHM).

5 Sosok yang Dijuluki Crazy Rich Asal Solo

Inilah lima sosok yang kerap dijuluki crazy rich atau orang kaya raya asal Solo, Jawa Tengah. Ada yang punya mal di Solo hlo!

Tak Biasa! Begini Cara Polisi Sukoharjo Cegah Pasien Covid-19 Keluyuran Saat Isolasi Mandiri

Cara tidak biasa dilakukan Polisi Sukoharjo untuk mencegah pasien covid-19 yang tengah menjalani isolasi mandiri tak bebas keluyuran. Salah satunya polisi memasang spanduk.

Lezatnya Bakmi Toprak Plus Bakso di Gang Belakang Pasar Mebel Solo

Mie toprak dengan bakso ini selalu ramai didatangi pembeli lantaran porsinya banyak dan rasanya nikmat meski lokasinya masuk gang kampung.

Mantap! Embung Untuk Mengairi Pakan Ternak di Sumberejo Wonogiri Berpotensi Jadi Objek Wisata Pancingan

Gabungan Kelompok Tani atau Gapoktan Ngudi Lestari Dusun Rembun, Desa Sumberejo, Kecamatan Batuwarno, Wonogiri mendapat bantuan pembangunan embung.

12 Makam di TPU Mojo Solo Dirusak Anak-Anak, Gibran Siapkan Sanksi Tegas

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, marah saat mengetahui kasus perusakan makam di TPU kawasan Mojo,Pasar Kliwon.

Lurah Mojo: Perusakan Makam di Solo Diduga Terjadi Saat Penjaga Lengah

Lurah Mojo, Pasar Kliwon, Solo, menyebut anak-anak pelaku perusakan makam memanfaatkan kelengahan penjaga saat beraksi.

Bukan Cuma di Solo, Perusakan Makam Pernah Terjadi di Klaten

Perusakan makam oleh orang tak bertanggung jawab seperti di Kota Solo pernah terjadi di Klaten sebelumnya pada 2012 silam.

Balai Desa Tiyaran di Kecamatan Bulu Sukoharjo Lockdown

Desa Tiyaran di Kecamatan Bulu, Sukoharjo, di-lockdown karena ada satu pegawai positif Covid-19.

10 Anak Usia SD Diduga Jadi Pelaku Perusakan Makam di Solo, Apa Motifnya?

Aksi perusakan makam yang diduga dilakukan anak-anak usia SD terjadi di kompleks permakaman umum Cemoro Kembar, Mojo, Pasar Kliwon, Solo.

Perusakan 12 Makam di Mojo Solo Berbau Intoleran, Pelaku Diduga Anak Usia SD

Aksi perusakan makam terjadi di permakaman umum Cemoro Kembar, Mojo, Pasar Kliwon, Solo, yang diduga dilakukan anak-anak usia SD.

Bupati Sragen Suntik "Paksa" 6 Perangkat Desa yang Emoh Divaksin

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, turun tangan menyuntik vaksin enam perangkat Desa Pagak, Sumberlawang, yang emoh divaksin.

Curi Perhatian! Gibran Kirim Surat Berisi Ucapan Ulang Tahun ke Warga Solo

Viral foto surat dari Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka yang berisi ucapan selamat ulang tahun kepada salah satu warganya.

Banyak yang Dirawat di Luar Daerah Jadi Alasan BOR Tempat Tidur Isolasi Covid-19 Karanganyar Rendah

Banyak warga Karanganyar yang positif Covid-19 dirawat di luar daerah sehingga tingkat keterisian tempat tidur pasien Covid-19 di Karanganyar rendah.

BOR Tempat Tidur Isolasi Covid-19 di Karanganyar Masih Rendah

Tingkat keterisian (BOR) tempat tidur isolasi Covid-19 di Karanganyar rendah, hanya 58%. Meski demikian, Dinkes Karanganyar mengimbau RS rujukan untuk menambah tempat tidur.

Jangan Lewatkan! Pendiri Drone Emprit Bakal Hadir di Penganugerahan Solopos Digital Award 2021

Pendiri Drone Emprit, Ismail Fahmi bakal hadir di acara Penganugerahan Solopos Digital Award 2021 pada, Rabu, 7 Juli 2021 mendatang,

Denting Besi Jadi Penanda Kehidupan di Purworejo, Jurangjero, Karangmalang, Sragen

Wiilayah RT 010 Dusun Purworejo, Desa Jurangjero, Karangmalang, Sragen, sejak lama terkenal sebagai pusat kegiatan para pengrajin besi atau pandai besi.

Pabrik Tahu di Gabugan Sragen Ludes Terbakar

Pabrik tahu di Tanon, Sragen, ludes terbakar ada Senin (21/6/2021) malam. Api diduga berasal dari tungku penggorengan tahu.

Perusakan Makam Mojo Solo: Pihak Pelaku Siap Memperbaiki, Gibran Kukuh Membubarkan Sekolah Informal Mereka

Sudan ada kesepakatan antara warga dan pihak pelaku perusakan makam Mojo, Solo. Pihak pelaku bersedia memperbaiki makam yang rusak. Wali Kota Gibran akan tetap menutup sekolah informal pelaku yang masih anak-anak.

PTM Sekolah Solo Tetap Dimulai Juli? Ini Kata Wali Kota Gibran

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memberikan penjelasan terkait rencana pembelajaran tatap muka atau PTM sekolah yang akan mulai Juli ini

Gedung PGRI Wonogiri Disiapkan Jadi Lokasi Isolasi Pasien Covid-19, Bisa Tampung 200 Orang

Pemkab Wonogiri menyiapkan Gedung PGRI sebagai lokasi isolasi terpusat pasien positif Covid-19 dengan daya tampung 200 orang.

Tikus Serang 363 Hektare Tanaman Padi Di Sukoharjo, Petani Didorong Gropyokan

Hama tikus serang 363 hektare lahan tanaman padi yang tersebar di berbagai kecamatan Kabupaten Sukoharjo beberapa waktu terakhir.

Bupati Sragen Ungkapkan Kejengkelan Saat Rapat Virtual Dengan Gubernur, Ada Apa Ya?

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati menngungkapkan kejengkelannya saat rapat virtual dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Tak Pernah Bosan, Koramil dan Polsek Gatak Sukoharjo Terjun ke Lapangan Imbau Penerapan 5M

Anggota Koramil 07 Gatak dan anggota Polsek Gatak Sukoharjo tak pernah bosan untuk mengingatkan warga terkait penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Waduh! Sejumlah Calon Siswa Dibuat Panik Saat Mendaftar PPDB SMA Solo, Begini Ceritanya

Sejumlah calon siswa baru dibuat panik saat mendaftar PPDB jenjang SMA Solo secara online sehingga memilih datang langsung ke sekolah.

Watu Cenik Sendang Wonogiri: Tempat Bertapa Yang Kini Jadi Objek Wisata

Objek wisata Watu Cenik di Desa Sendang, Wonogiri, ternyata dulunya merupakan tempat pertapaan tokoh masyarakat setempat.

Vaksinasi Covid-19 Massal di Klaten Diikuti 5.000 Warga

Pemkab Klaten bersama Polres Klaten dan Kodim 0723 Klaten menggelar vaksinasi Covid-19 massal di Gedung Sunan Pandanaran, Klaten, Senin (21/6/2021).

6 Fakta Seputar PG Mojo Sragen Yang Sudah 138 Tahun Beroperasi

Keberadaan PG Mojo Sragen yang sudah beroperasi selama 138 tahun menyimpan sejumlah fakta menarik mulai dari saat pendiriannya.

Pabrik Sepatu Jaten Karanganyar Tutup 10 Hari Karena Covid-19, Pemkab Minta Upah Karyawan Tetap Dibayar

Pemkab Karanganyar minta manajemen pabrik sepatu di Jaten yang tutup karena Covid-19 tetap membayar upah karyawan yang diliburkan.

3 Hari Tak Keluar Rumah, Warga Kalijambe Sragen Ditemukan Sudah Meninggal

Warga Kalijambe, Sragen, ditemukan sudah meninggal dunia di rumahnya setelah tiga hari lamanya tidak terlihat keluar rumah.

Anak-Anak Rusak Makam di Mojo Solo: Mediasi Dilakukan, Penyelidikan Tetap Jalan

Sebanyak 12 makam di kompleks permakaman umum Cemoro Kembar, Mojo, Pasar Kliwon, Solo, diduga dirusak oleh segerombolan anak-anak.

Banyak Warga Wonogiri Tak Bisa Tangkap Siaran TV

Warga Kabupaten Wonogiri harus memasang antena parabola atau berlangganan televisi kabel agar bisa menangkap siaran televisi.

Ngaku Diintimidasi Kader Partai Demokrat Klaten, Wanita Ini Minta Perlindungan ke DPC

Seorang wanita sekaligus pengusaha tambang galian C, SNT, 36, mendatangi kantor DPC Partai Demokrat Klaten karena diintimidasi kader PD.

Sekolah Tempat Anak-Anak Pelaku Perusakan Makam Mojo Solo Ternyata Masih Ngontrak

Anak-anak siswa sekolah informal diduga melakukan perusakan terhadap 12 makam di kompleks permakaman umum Cemoro Kembar, Mojo, Pasar Kliwon, Solo.

Fakta Menarik PG Mojo Sragen, Ternyata Pernah Diminta Tutup Oleh Eks Wapres Jusuf Kalla

Ada fakta menarik seputar PG Mojo, Sragen, ternyata pabrik gula itu sempat diminta ditutup oleh Jusuf Kalla saat masih menjabat Wapres.

Silakan Daftar, Polres Sragen Siapkan 1.340 Dosis Vaksin Covid-19 Gratis Mulai Rabu

Polres Sragen menyiapkan 1.340 dosis vaksin Covid-19 yang bakal diberikan kepada warga secara gratis kepada masyarakat umum dengan usia di atas 18 tahun.

Bed Isolasi RS Kota Solo Ini Penuh, Pasien Covid-19 Terpaksa Antre ICU

Bed isolasi pasien Covid-19 sejumlah rumah sakit atau RS Kota Solo hampir penuh, akibatnya pasien harus antre masuk ICU.

Waduh! Masih Ada 37 Klaster Covid-19 yang Masih Aktif di Boyolali

Jumlah klaster Covid-19 di Boyolali kian bertambah. Pada Senin (21/6/2021), total ada 37 klaster yang tercatat.

Hampir Penuh, Daya Tampung RS Rujukan Covid-19 Sukoharjo Sudah Terisi 92%

Dari total daya tampung RS rujukan Covid-19 di Kabupaten Sukoharjo sebanyak 372 tempat tidur saat ini terisi 92 persennya.

Covid-19 Klaten Menggila, Sehari Tambah 10 Orang Meninggal

Satgas Covid-19 Klaten mencatat penambahan 111 kasus positif dan 10 pasien meninggal dunia pada Senin (21/6/2021).

Petani Wonogiri Mulai Panen, Ternyata Harga Jual Porang Lebih Mahal pada Juli-Agustus

Sejumlah petani porang di Kabupaten Wonogiri mulai memanen komoditas tersebut. Namun, ada pula yang memilih menunggu untuk memanen pada periode Juli-Agustus mendatang.

94 Karyawan Positif Covid-19, Pabrik Sepatu di Jaten Karanganyar Harus Tutup 10 Hari

Pabrik sepatu di wilayah Desa/Kecamatan Jaten, Karanganyar, terpaksa ditutup sementara selama 10 hari karena 94 karyawannya positif Covid-19.

Presiden Jokowi Ultah, Gibran Dan Keluarga Naik Mobil Dari Solo Ke Jakarta Untuk Kasih Ucapan

Gibran Rakabuming Raka dan keluarganya naik mobil ke Jakarta untuk menemui dan mengucapkan selamat ultah kepada ayahnya, Presiden Jokowi.

Petani Porang Wonogiri Mulai Panen, Satu Tumbuhan Bisa Untung Puluhan Ribu

Sejumlah petani di Wonogiri sudah memulai memanen hasil budidaya porang. Satu batang porang dapat memberi keuntungan puluhan ribu rupiah.

Kecelakaan Beruntun di Tol Boyolali: 2 Penumpang Mobil yang Disopiri Warga Laweyan Solo Meninggal

Dua penumpang mobil Innova yang disopiri warga Laweyan, Solo, meninggal dunia dalam kecelakaan beruntun di Tol Boyolali, Senin (21/6/2021).

Mayat Membusuk Ditemukan di Sragen, Ketahuan karena Baunya Sampai ke Warung Makan

Warga Kampung Tamanasri, RT 31a, RW 14, Kelurahan Kroyo, Karangmalang, Sragen, dibuat geger dengan temuan mayat yang sudah membusuk, Senin (21/6/2021).

Bhabinkamtibmas Pajang Solo Viral Karena Selalu Bantu Angkat Peti Jenazah

Bhabinkamtibmas Pajang, Aipda Slamet Widodo, belakangan ini viral di media sosial karena selalu srawung di setiap acara warga terlebih ikut bantu mengangkat peti jenazah.

Walah, 1 Bangunan Liar Tepi Jalan Solo-Purwodari Sragen Ternyata Milik Seorang ASN

Satu dari 19 bangunan liar di tepi jalan Solo-Purwodadi, Sragen, yang akan ditertibkan ternyata milik seorang aparatur sipil negara (ASN).

Anak-Anak Pelaku Perusakan Makam di Mojo Solo Siswa Pendidikan Informal, Gibran: Tutup Saja Sekolahnya!

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, angkat bicara terkait adanya perusakan makam di kompleks permakaman umum Cemoro Kembar, Mojo, Pasar Kliwon, Solo.

Kecelakaan Beruntun di Tol Boyolali: Warga Laweyan Solo Jadi Korban, Mobilnya Remuk

Warga Laweyan, Solo menjadi salah satu korban dalam kecelakaan beruntun di ruas tol Boyolali, Senin (21/6/2021).

1,5 Ton Ikan Nila di Karamba WGM Wonogiri yang Mendadak Mati Ternyata Siap Panen

Sebanyak 1,5 ton ikan nila di karamba Waduk Gajah Mungkur atau WGM Wonogiri mati mendadak. Ikan-ikan itu ternyata siap panen dan memiliki ukuran yang cukup besar.

12 Makam di Mojo Solo Rusak, Pelaku Diduga Anak-Anak

Sebanyak 12 makam di kompleks permakaman umum Cemoro Kembar, Mojo, Pasar Kliwon, Solo, rusak. Diduga makam itu dirusak oleh segerombolan anak-anak.

Klaten Zona Merah Covid-19, Seluruh Objek Wisata Ditutup

Bupati Klaten, Sri Mulyani, memberlakukan kebijakan pelarangan hajatan dan penutupan objek wisata setelah Klaten kembali masuk zona merah persebaran Covid-19.

Hati-Hati Lur! Klaten Masuk Zona Merah Persebaran Covid-19 Lagi

Kabupaten Klaten kembali memasuki zona merah atau risiko tinggi penularan Covid-19 setelah sepekan terakhir ada lonjakan kasus Covid-19.

Terlibat Tabrakan Beruntun di Tol Boyolali, Mobil Disopiri Warga Laweyan Solo Ringsek

Mobil Toyota Kijang Innova yang dikemudikan warga Laweyan, Solo, ringsek akibat terlibat tabrakan beruntun di Tol Boyolali, Senin (21/6/2021) pagi.

1,5 Ton Ikan Nila di Karamba WGM Wonogiri Mendadak Mati, Petani Rugi hingga Rp40 Juta

Ribuan ikan di karamba Waduk Gajah Mungkur atau WGM Wonogiri kawasan Cakaran, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Wonogiri mendadak mati.

Kecamatan Mulai Siapkan Tempat Isolasi Mandiri

Pemerintah kecamatan mulai menyiapkan tempat isolasi terpusat di masing-masing wilayah seiring dengan peningkatan kasus Covid-19 di Klaten. Mereka menggunakan berbagai fasilitas yang memungkinkan.

Kronologi Tabrakan Beruntun 3 Mobil & 1 Truk di Tol Boyolali

Tabrakan beruntun yang melibatkan empat kendaraan terjadi di ruas Tol Semarang-Solo KM 484, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (21/6/2021) pagi.

3 Mobil & 1 Truk Tabrakan Beruntun di Tol Boyolali:  2 Tewas, Sopir Truk Kabur

Empat kendaraan terlibat tabrakan beruntun di ruas Tol Trans Jawa, tepatnya di Kecamatan Mojosongo, Boyolali, Senin (21/6/2021).

Cerita Sukses Belantik Sapi di Wonogiri Kantongi Rp300 Juta dari Porang

Seorang belantik sapi asal Wonogiri banting setir menjadi petani porang dengan omzet lebiih dari Rp300 juta per tahun.

Kecelakaan Solo: Pemuda Serengan Meninggal Dihantam Sepeda Motor di Pasar Kliwon

Kecelakaan maut terjadi di di Jl. Brigjen Sudiarto, Joyosuran, Pasar Kliwon, Solo, pada Senin (21/6/2021) pagi.

Pesawat Hercules Buatan Pria Ngemplak Boyolali Bisa Terbang 1 Km, Speknya Gahar!

Pesawat hercules buatan dua pria asal Ngemplak, Boyolali, memiliki spesifikasi keren yang menyerupai aslinya.

Keren! Pesawat Hercules yang Terbang di Boyolali Dibikin dari Plastik Bekas

Pesawat hercules buatan pia Ngemplak yang terbang di Boyolali ternyata dibuat dari styrofoam dan aneka plastik bekas.

Bisa Raih Rp500 Juta/Tahun Jadi Alasan Belantik Sapi Wonogiri Ini Lebih Pilih Jadi Petani Porang

Seorang belantik sapi di Wwonogiri bisa hasilkan Rp500 juta dalam setahun dari membudidayakan tanaman porang.

Kapolresta Solo: Swab Pedagang Luar Kota!

Kapolresta Solo memerintahkan jajarannya untuk menggelar tes swab di lokasi tempat pedagang luar kota berjualan. Keberadaan pedagang luar kota ini berpotensi jadi sumber penularan Covid-19.

Ratusan Pedagang Bermobil di Alun-Alun Utara Solo Kembali Di-Swab, 3 Positif Covid-19

Tim gabungan Polresta Solo dan Dinkes Solo menggelar operasi yustisi dan tes swab kepada pedagang luar kota di Alun-alun Utara Solo. Dari seratusan pedagangn, 3 di antaranya positif Covid-19.

Begini Strategi Warga Kampung Baluwarti Solo untuk Dongkrak Daya Tarik Wisata

Pemerintah Kelurahan Baluwarti, Solo, mendorong warga terlibat dalam mengembangkan potesi wisata setempat. Salah satunya melibatkan warga dalam menyusun profil budaya guna mendukung progam Kampung Wisata Baluwarti.

Ini Dia Harga Pesawat Hercules RC Keren Buatan Wong Boyolali

Dua pemuda Boyolali berhasil membuat pesawat aeromodelling RC tipe Hercules dengan bobot 5 kg dan bentangan sayap 3 m. Harganya cukup Rp5 jutaan.

Dikeluhkan Karena Belum Cair, Nilai Insentif Dokter PPDS UNS Solo Sampai Rp15 Juta/Bulan

Sejumlah dokter PPDS UNS Solo di RSUD dr. Moewardi mengeluhkan belum cairnya insentif mereka. Insentif itu besarannya mencapai Rp15 juta/bulan untuk dokter spesialias.

Fakultas Hukum Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Bantu UMKM Solo Agar Berbadan Hukum

FH Universitas Wijaya Kusuma Surabaya memberikan penyuluhan hukum untuk membantu UMKM batik Laweyan Solo bisa berbadan hukum.

Pendaftaran Dimulai Senin Ini, PPDB SMP Sukoharjo Siap Tampung 9.894 Siswa

Pendaftaran PPDB SMP Kabupaten Sukoharjo jalur lingkungan RW dan jalur prestasi dibuka mulai pada Senin (21/6/2021) ini.