SOLOPOS.COM - Hyundai IONIQ 5 menjadi mobil favorit GIIAS 2022 kategori mobil listrik. (Bisnis.com/PT HMID)

Solopos.com, JAKARTA-Hyundai berencana memproduksi mobil listrik Ioniq 5 edisi batik. Pabrikan mobil Korea Selatan (Korsel) ini berencana merilis edisi khusus batik tersebut untuk memperingati 50 tahun kerja sama Indonesia-Korsel.

Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan, Gandi Sulistiyanto, mengatakan Kedutaan Besar RI Seoul bekerja sama dengan Pemerintah Kota Solo dan Hyundai merilis Ioniq 5 edisi batik yang akan dipasarkan dalam jumlah terbatas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ioniq 5 edisi batik ini rencananya akan dirilis untuk pertama kalinya dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 pada 10-20 Agustus 2023 mendatang.

Dubes Gandi mengatakan kerja sama ini menjadi simbol kolaborasi antara industri kreatif Indonesia dan industri otomotif Korsel.

“Dalam rangka memperingati 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Korea, Kedutaan Besar Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Kota Solo dan Hyundai mengadakan Batik of Ionic 5, itu bentuk kerja samanya,” ungkap Gandi dalam konferensi pers penandatanganan kerja sama Batik of Ioniq 5 di Seoul, Rabu (7/6/2023).

Adapun penandatanganan kerja sama ini dilakukan oleh Dubes Gandi Sulistiyanto, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, dan Hyundai, Rabu.

Gandi menjelaskan alasan dipilihnya batik dalam kerja sama ini adalah karena batik sedang dalam masa keemasan di Indonesia dari generasi ke generasi. Selain itu, batik juga telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia sejak 2009.

“Hari ini saya dengan senang dan bangga memberitahukan kepada Anda bahwa batik telah dibawa ke bentuk yang baru, Batik terkenal dari Indonesia, sementara Korea terkenal dengan industri otomotifnya yang maju, termasuk kendaraan listrik,” ujarnya.

Kerja sama ini juga dilakukan sebagai upaya memfasilitasi kolaborasi antara industri kreatif Indonesia dengan industri otomotif Korea Selatan. Adapun desain khas ini oleh seseorang dari Hyundai.

“Saya rasa semua orang tahu batik berasal dari Indonesia, dan saya dengar batik berasal dari Kota Solo. Oleh karena itu, kami tentu saja memilih Solo sebagai salah satu mitra untuk berkolaborasi dengan Hyundai hari ini untuk membentuk Ionic 5 Batik,” lanjutnya.

Gandi berharap kolaborasi ini menjadi simbol hubungan bilateral Indonesia-Korsel yang sudah terjalin sejak 50 tahun sejak tahun 1973. Terkait desain batik dan harga jual Ioniq 5 edisi khusus ini, Gandi masih belum dapat menyebutkannya karena masih dirahasiakan.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Peringati 50 Tahun Hubungan Indonesia-Korsel, Hyundai Bakal Rilis Ioniq 5 Batik”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya