SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Jakarta–
Koin untuk Prita Mulyasari diprediksi akan melewati angka Rp 204 juta. Bahkan jumlah tersebut bisa saja terus membengkak karena koin yang berasal dari luar Jawa belum masuk dalam hitungan.

“Alhamdulillah koin yang masuk ke Markas Sehat sebanyak 5 karung goni. Jika dirupiahkan berkisar Rp 200 juta,” ujar pengurus Markas Sehat Ade Novita saat dihubungi Minggu (13/12).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Jumlah itu dipastikan akan bertambah karena beberapa pos pengumpulan koin belum menyetor. Namun marilah kita berasumsi koin yang terkumpul berjumlah Rp 204 juta, sesuai dengan denda yang harus dibayar Prita.

Iwan membuat hitung-hitungan yang menarik agar kita bisa membayangkan sebanyak apa koin yang berhasil dikumpulkan.

Koin Rp 500 berdiameter 2,7 cm dengan berat 3,25 gram dan tebal 2,5 mm. Sedangkan koin Rp 100 berdiameter 2,3 cm, berat 1,88 gram dan tebal 2 mm.

Jika koin Rp 500 dikumpulkan, maka beratnya 1.326 kg atau 1,3 ton. Untuk koin Rp 100, jika tercapai sebesar nilai yang diinginkan, beratnya bisa hampir 4 ton!

Bagaimana jika koin-koin tersebut dijejerkan rapih? Jika semua koin Rp 500 digelar di permukaan jalan dan disambung satu persatu, maka panjangnya mencapai 11 km. Sedangkan koin Rp 100 panjangnya mencapai 47 km.

Angka itu sama dengan jarak kita menempuh perjalanan mulai dari RS Omni di Tangerang menuju ke Tanjung Priok melalui tol BSD, Jl Jend Sudirman, tol dalam kota dan tol Tanjung Priok.

Seandainya koin Rp 500 itu ditumpuk satu persatu, maka tingginya bisa mencapai 1.326 meter atau hampir 10 kali tinggi Monas. Sedangkan untuk koin Rp 100, maka tingginya 3.825 meter atau 28 kali tinggi Monas atau setengah dari tinggi gunung Himalaya.

dtc/isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya