Kodim Solo Bangun Talud Sepanjang 50 Meter di Gilingan

Kodim Solo Bangun Talud Sepanjang 50 Meter di Gilingan

SOLOPOS.COM - ilustrasi pembangunan talud

Kodim 0735/Solo bangun talud sepanjang 50 meter.

Solopos.com, SOLO—Kodim 0735/Solo membangun talud sepanjang 50 meter di Kampung Bibis Wetan RT 004 RW 021, Gilingan Banjarsari, Jebres, Senin (19/2/2018). Pembangunan talud tersebut bagian dari program Karya Bakti Daerah (KBD) tahap I 2018.

Komandan Dandim 0735/Solo, Letkol Inf Ali Akhwan, mengungkapkan KBD tahap I di Gilingan dibuka langsung Wali Kota Solo pada 13 Februari 2018. Pelaksanaan KBD ini berlangsung selama 21 hari.

"Kami memilih Kampung Bibis Wetan sebagi lokasi KBD karena masuk kawasan rawan longsor. Rumah warga banyak dibangun di pinggir sungai sehingga rawan longsor," ujar Ali kepada Solopos.com, Senin. (baca: Jaga Fisik dan Disiplin, Kodim 0735/Solo Terapkan Program Minggu Militer)

Ali menjelaskan pembangunan talud sepanjang 50 meter dengan ketinggian 6 meter ini untuk mencegah agar rumah warga tidak ambruk akibat tanah longsor.

Total anggaran KBD tahap I ini senilai Rp160 juta dengan perincian Rp150 juta bersumber APBD Pemkot Solo dan Rp10 juta dari swadaya masyarakat.

Danramil 02/Banjarsari Kapten Inf Paidi, menjelaskan selama pelaksanaan program KBD di Gilingan TNI dibantu dengan anggota Polresta Surakarta, warga, dan sukarelawan.

“Kami berharap melalui KBD ini bisa dapat mempercepat pembangunan infrastruktur di daerah,” jelasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Pesan Berantai di WA Soal Ledakan Kasus Covid-19 Klaten, Polisi Tegaskan Itu Hoaks!

Pesan berantai itu menyebutkan kasus Covid-19 di Jateng meledak pekan ini. Kota Klaten menempati peringkat I, yakni mencapai 11.876 orang pasien Covid-19.

Berkerumun dan Tak Bermasker di Umbul Ponggok, Emak-Emak Disambangi Polisi

Sejumlah warga yang berkerumun dan tak bermasker di objek wisata Umbul Ponggok, Klaten, mendapat peringatan dari Kepala Satuan Samapta Bhayangkara (Kasatsabhara) Polres Klaten, AKP Sri Anggono.

Lebaran 2021, Jumlah Kunjungan Wisata ke Tawangmangu Meroket

Jumlah kunjungan wisatawan di sejumlah objek wisata di wilayah Tawangmangu, Karanganyar meroket di libur Lebaran 2021 Jumat (14/5/2021).

Lewat Pos Penyekatan Karanganyar, 15 Wisatawan Luar Jateng Diminta Putar Balik

Sebanyak 15 pemudik dari luar Jateng yang melintas di pos penyekatan di Karanganyar diminta putar balik.

Libur Lebaran, Wisata Grojogan Sewu Karanganyar Diserbu Pengunjung

Jumlah kunjungan wisatawan di sejumlah objek wisata di wilayah Tawangmangu, Karanganyar, termasuk Grojogan Sewu, meroket di momen libur Lebaran, Jumat (14/5/2021).

MotoGP Batalkan Seri Finlandia Gegara Covid-19

FIM, IRTA, dan Dorna Sports membatalkan Grand Prix MotoGP Finlandia tahun ini akibat masih berlangsungnya pandemi Covid-19

Singapura Lockdown, Restoran Hanya Terima Take Away

Pemerintah Singapura mengumumkan lockdown pada pertemuan sosial dan kegiatan publik pada Jumat (14/5/2021).

Pekalongan Diprediksi Tenggelam 15 Tahun Lagi, Ini Sebabnya

Kota Pekalongan di Jawa Tengah diprediksi tenggelam pada 2036 akibat penurunan muka tanah dan naiknya permukaan air laut.

Wisata WGM Wonogiri Tutup, Pengunjung Kecele

Banyak warga yang kecele saat berkunjung ke sejumlah tempat wisata di Wonogiri, termasuk WGM, pada hari kedua Lebaran, Jumat (14/5/2021).

Duh, Pengemis Bawa Kabur Balita Usia 2 Tahun di Sragen

Seorang pengemis perempuan kedapatan membawa kabur seorang balita yang berusia 2 tahun asal Kelurahan Sragen Kulon, Sragen, pada Jumat (14/5/2021). 

Begini Kisah Seleksi Jadi Imam di Uni Emirat Arab

Kemenag melakukan seleksi imam masjid asal Indonesia yang akan diberangkatkan untuk bertugas di wilayah Uni Emirat Arab (UEA).