SOLOPOS.COM - Dandim 0727/Karanganyar, Letkol (Inf) Ikhsan Agung Widyo Wibowo, (kanan), bersama Yayasan Yukata Peduli Bangsa menyerahkan bantuan kasur kepada veteran di Markas Kodim 0727/Karanganyar, Selasa (13/4/2021). (Istimewa/Dok. Pendim 0727/Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Kodim 0727/Karanganyar bekerja sama dengan Yayasan Yukata Peduli Bangsa membagikan 500 paket sembako dan 17 kasur kepada veteran di Kabupaten Karanganyar pada hari pertama puasa Ramadan, Selasa (13/4/2021).

Pembagian paket sembako dan kasur dilaksanakan secara simbolis di Markas Kodim 0727/Karanganyar. Pantauan Solopos.com, belasan veteran rata-rata berusia lanjut datang ke Markas Kodim didampingi Babinsa dari wilayah masing-masing.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Mereka masih berdiri tegap dan berjalan tanpa bantuan orang lain. Padahal usianya sudah senja. Contohnya, Parmo, warga Kecamatan Colomadu itu datang bersama Babinsa Colomadu. Usianya 76 tahun.

Baca juga: Karanganyar Bertakwa: ASN Diminta Ngaji 30 Menit Sebelum Kerja

Di usia lanjut itu, dia masih bekerja menjadi satpam di salah satu perusahaan di Kabupaten Sukoharjo.

"Dulu saya bertugas di Brimob. Saya purna tahun 1991. Terakhir bertugas di Polwil Surakarta," kata Parmo saat berbincang dengan wartawan, Selasa.

Parmo muda pernah bertugas ke Serawak, Kalimantan Utara tahun 1964 hingga 1966. Tugas berikutnya, dia berangkat ke Timor Timur, saat ini Timor Leste, pada tahun 1982. Dia mengaku bahagia mendapatkan bantuan paket sembako dari Kodim 0727/Karanganyar.

Baca juga: Tempat Hiburan Malam di Karanganyar Wajib Tutup Pekan Pertama Ramadan

Hal senada disampaikan veteran lain, Sukarno. Dia mengaku pernah bertugas saat Operasi Trikora, Dwikora, dan Seroja. Dia mengaku bahagia masih mendapat perhatian dari kesatuan tempatnya mengabdi, TNI.

"Veteran yang sampai sekarang masih eksis dalam melaksanakan tugas. Alhamdulillah diperhatikan. Kodim 0727/Karanganyar peduli pada kami. Kami mendapat kasur dan paket sembako," tutur dia.

Sukarno mengenang perjuangannya dahulu. Dia dan rekan-rekannya tidak berharap apa pun kepada negara. Mereka hanya berharap bisa membela nusa, bangsa, dan negara.

Baca juga: Pilkades Antarwaktu Desa Kebak Karanganyar Dimenangkan Bapak Lewat Musyawarah

Dandim 0727/Karanganyar, Letkol (Inf) Ikhsan Agung Widyo Wibowo, menyampaikan bantuan paket sembako dan kasur sebagai bentuk perhatian TNI kepada veteran di Kabupaten Karanganyar.

"Rasa kepedulian kami kepada bapak, ibu veteran, janda veteran, purnawirawan di Karanganyar. Sembako dan kasur kami antarkan ke tempat masing-masing. Ini sebagai bentuk tali asih. Ini bukan apa-apa apabila dibandingkan dengan perjuangan yang sudah dilakukan dulu," ujar Dandim saat berbincang dengan wartawan, Selasa.

Nilai-Nilai Perjuangan

Dia sengaja mengambil momen awal puasa Ramadan dengan harapan bisa sedikit meringankan beban veteran, janda veteran, dan purnawirawan di Karanganyar. Dia berharap kegiatan tersebut bisa semakin mempererat silaturahmi dan pengingat tentang nilai-nilai perjuangan.

Baca juga: Membela Diri, Kakek di Gondangrejo Karanganyar Bunuh Cucu

"Harusnya lebih semangat. Menumbuhkan jiwa sosial minimal membantu orang yang terdekat," ungkap Dandim.

Di sisi lain, Koordinator Yayasan Yukata Peduli Bangsa, Iskandar Salawi, mengungkapkan sudah rutin memberikan bantuan kepada sejumlah pihak yang membutuhkan bantuan. Penyaluran bantuan tersebut merupakan bagian dari program corporate social responsibility (CSR).

"Yukata merupakan perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur pembuatan kasur dan tempat tidur. Kami sisihkan sebagian agar bisa digunakan Yayasan Yukata Peduli Bangsa untuk kegiatan sosial. Kami sinergi dengan Kodim 0727/Karanganyar memberikan bantuan kepada veteran. Mudah-mudahan bisa berlanjut," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya