SOLOPOS.COM - Kodim 0726/Sukoharjo melaksanakan kegiatan pembinaan masyarakat agar tanggap bencana alam di Desa Kadokan, Grogol Kabupaten Sukoharjo, Selasa (30/08/22). (Istimewa/Humas Kodim)

Solopos.com, SUKOHARJO–Kodim 0726/Sukoharjo melaksanakan kegiatan pembinaan masyarakat agar tanggap bencana alam.

Kegiatan dilaksanakan di Desa Kadokan, Grogol Kabupaten Sukoharjo, Selasa (30/08/22). Melibatkan BPBD Sukoharjo, Damkar, dan PMI.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Informasi yang dihimpun Solopos.com hal itu dilakukan untuk menghadapi musim penghujan pada 2022.

Kodim 0726/Sukoharjo melaksanakan sejumlah antisipasi dalam rangka mitigasi bencana alam untuk menekan korban akibat risiko terjadinya banjir di musim penghujan.

Danramil 09/Grogol Kapten Czi Hartono mengatakan kegiatan edukasi kebencanaan tersebut sangatlah penting untuk terus disosialisasikan kepada stakeholder maupun unsur komponen terkait. Agar dapat tercipta perpaduan yang tepat sehingga cepat saat penanggulangan bencana.

“Program ini dilaksanakan untuk membantu pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam. Seperti kita ketahui, saat ini musim hujan hampir tiba, kami siapkan segalanya. Dimana desa Kadokan ini sering terjadi banjir di musim penghujan,” ucap Danramil.

“Latihan ini dilaksanakan dengan harapan apabila terjadi bencana alam, masyarakat tidak panik dan sudah tahu apa yang harus diperbuat,” imbuhnya.

Kegiatan dimulai di Balai Desa Kadokan sejak pukul 08.00 WIB. Acara dimulai dengan penyuluhan dan pemaparan tentang penanggulangan bencana alam oleh perwakilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Kemudian dilanjutkan dengan penyuluhan Penanggulangan Kebakaran dari Pemadam Kebakaran (Damkar) Sukoharjo.

Sesi ketiga kegiatan diisi dengan teori dan praktek Pertolongan Pertama oleh Arisdianto dari PMI Sukoharjo pada bencana banjir, kemudian dilanjutkan materi Deteksi dini dan Lapor Cepat kejadian Bencana Alam oleh Danramil 09/Grogol Kapten Czi Hartono.

Hadir dalam kegiatan ini Danramil 09/Grogol, Kapten Czi Hartono; Kabid Damkar Kabupaten Sukoharjo, Margono; PMI Kab Sukoharjo, Arisdianto; Kasi Darurat Log BPD Kab Sukoharjo, Suwanto; Kades Kadokan, Suyono; Babinsa Kadokan, Koptu Puput I; Babinkamtibmas Kadokan, Brigadir Hari K.

Sementara itu dalam kegiatan tersebut juga melibatkan 16 orang personel TNI dari Kodim 0726/Sukoharjo, personel Tagana 30 orang serta Personel PMI 10 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya