SOLOPOS.COM - Mobil listrik yang rusak karena banjir direndam beras. (Tangkapan layar YouTube Rich Rebuilds)

Solopos.com, SOLO-Seorang Youtuber AS Rich Benoit alias Rich Rebuilds mengklaim telah mengeringkan sebuah mobil listrik merek Audi yang rusak akibat banjir dengan merendamnya di dalam beras. Simak ulasannya di info otomotif kali ini.

Sebagaimana diketahui, metode ini cukup sering digunakan saat ponsel terendam air atau terjatuh ke dalam air. Setelah dibiarkan beberapa lama terendam beras, barulah ponsel diambil dan coba dinyalakan lagi. Kebanyakan berhasil dan tidak mengalami korsleting.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Teorinya, kelembapan secara bertahap diserap karena beras adalah bahan penyerap. Namun, apakah cara yang sama berhasil untuk benda seukuran mobil?

Dilansir dari Drive,Rich Rebuild mencoba menguji teori tersebut dengan merendam mobil listrik yang mahal ke dalam beras di dalam peti raksasa. Teori tersebut biasa dilakukan untuk mengeringkan handphone ketika terendam air.

Dikutip dari Bisnis.com pada Kamis (23/3/2023), Rich Benoit nama asli Rich Rebuilds membeli Audi E-Tron GT yang rusak akibat banjir di pelelangan seharga US$55.000. Mengingat harga Audi E-Tron GT baru mulai dari US$104.900, tampaknya ini adalah harga yang sanagat bagus kecuali untuk satu hal krusial. Mobil itu tidak berfungsi. Dalam video pertama mengenai mobil ini, Rich dan timnya mencoba menghidupkan mesin mobil Audi yang mogok, tetapi tidak berhasil.

Tim kemudian mencoba beberapa metode untuk mengembalikan fungsi mobil tersebut. Namun akhirnya sang Youtuber memilih beras. Sebelum melakukan ide tersebut, dia menyambung-nyambung sejumlah balok di sekeliling mobil tersebut sehingga akhirnya menjadi peti. Setelah itu dia menuangkan 2 ton beras.

Dia menolak anggapan telah membuang-buang makanan. Hal ini lantaran beras yang digunakan untuk merendam mobil listrik tersebut merupakan produk telah melewati tanggal kedaluwarsanya. Setelah meninggalkan mobil selama beberapa hari, tim mencoba menyalakan mobil lagi dan secara mengejutkan mobil tersebut dapat berjalan.

Meskipun demikian, dalam sebuah catatan video tersebut menunjukkan ‘ada risiko menggunakan beras untuk mengeringkan ponsel (debu dan partikel lain dapat menyebabkan kerusakan yang lebih besar daripada air, apalagi mobil,’ Meski mobil bisa kembali menyala setelah di redam beras, belum diketahui apakah kondisi mobil bisa pulih seutuhnya.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Youtuber AS Ini Hidupkan Mobil Listrik Bekas Banjir usai Direndam di Tumpukan Beras 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya