KND Bisa Mendegradasi Isu Hak Asasi Manusia Menjadi Urusan Sosial

Dalam kenyataan empiris, salah satu kesulitan terbesar selama ini adalah mentransformasikan disabilitas dari isu sosial menjadi isu hak asasi manusia.

 Pelantikan anggota Komisi Nasional Disabilitas periode 2021-2026 oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (1/12/2021). Komisi Nasional Disabilitas yang beranggotakan tujuh orang tersebut bertugas memantau, mengevaluasi, mengadvokasi pelaksanaan penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak penyandang disabilitas. (Antara/Biro Pers dan Media Kepresidenan)

SOLOPOS.COM - Pelantikan anggota Komisi Nasional Disabilitas periode 2021-2026 oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (1/12/2021). Komisi Nasional Disabilitas yang beranggotakan tujuh orang tersebut bertugas memantau, mengevaluasi, mengadvokasi pelaksanaan penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak penyandang disabilitas. (Antara/Biro Pers dan Media Kepresidenan)

Solopos.com, SOLO – Pembentukan Komisi Nasional Disabilitas mengemukakan harapan tentang pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas sekaligus kekhawatiran bahwa narasi besar hak asasi manusia dalam pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas dipandang sekadar urusan sosial.

Pembentukan Komisi Nasional Disabilitas (KND) merupakan bukti pemerintah memperhatikan perlindungan dan penghormatan hak-hak penyandang disabilitas. Tujuh komisioner atau anggota KND telah dilantik setelah melewati berbagai tahapan hingga menjadi kandidat terbaik pemimpin dan anggota KND.

Terpopuler Hari Ini

Laporkan Yusuf Mansur ke Polisi, Darmansyah: Saya Menolong Beliau

Berselang beberapa tahun kemudian, PNS asal Surabaya, Jawa Timur tersebut memperkarakan Yusuf Mansur ke Mabes Polri.

Ini Dia Bripka Singgih, Polisi Sragen Si Ahli Hipnosis

Seorang anggota Polres Sragen bernama Bripka Singgih Pambudi Rachmat, diganjar penghargaan dari Kapolres karena aksinya menolong orang lain melalui hipnosis.

Ribuan Koleksi Buku Perpustakaan Mangkunegaran Solo Dipindah, Ada Apa?

Ribuan koleksi perpustakaan Reska Pustaka di Pura Mangkunegaran Solo dipindahkan dari sebelumnya di lantai II ke lantai dasar.

Cerita Bupati Sragen yang Ingin Beli Tempat Karaoke di Gunung Kemukus

Bupati Sragen ingin mensterilkan Gunung Kemukus dari praktik asusila salah satunya dengan membeli tempat karaoke dan membongkarnya.

Zaini Mustofa Buka Posko Pengaduan Investasi Yusuf Mansur

Rencana pembentukan posko pengaduan itu dipicu banyaknya orang yang menghubungi dirinya dan mengaku menjadi peserta investasi Yusuf Mansur.

Baru Meluncur, BST Solo Rute Bekonang Langsung Kebanjiran Penumpang

Bus BST Solo koridor 5 rute Solo sampai Bekonang, Sukoharjo, langsung kebanjiran penumpang padahal belum ada sebulan beroperasi.

Viral! Pria Pamerkan Kekuatan Mistis yang Buat Mandau Terbang

Sosok pria menampilkan kekuatan mistis yang membuat mandau terbang tanpa disentuh.

Guru dan Siswa Terpapar Covid-19, PTM di SMA Warga Solo Dihentikan

PTM di SMA Warga Surakarta dihentikan sementara mulai Kamis (27/1/2022) setelah ditemukan 12 orang guru, siswa, dan karyawan terkonfirmasi positif Covid-19.

Sekolah di Wonogiri Terapkan PTM 100 Persen Berbasis Hari

Sekolah masih menunggu Pemkab Wonogiri mengambil kebijakan pelaksanaan PTM 100 persen berbasis kelas.

Segini Total Harta Warisan Pengusaha Terkaya Asia dari Semarang?

Jumlah harta warisan Oei Tiong Ham, pengusaha terkaya asal Semarang, Jawa Tengah, yang dijuluki sebagai Raja Gula Asia, yang sangat banyak sempat menjadi sengketa.

Islamic Center Solo Hadiah dari Uni Emirat Arab Pindah ke STP, Kenapa?

Lokasi pembangunan Islamic Center Solo yang merupakan satu paket hadiah dengan masjid Sheikh Zayed dari Uni Emirat Arab dipindahkan ke Solo Technopark (STP).

Darmansyah Peroleh Kembali Dana Setelah Laporkan Yusuf Mansur ke Polisi

Darmansyah yang warga Surabaya, Jawa Timur itu menanam dananya senilai Rp48 juta pada tahun 2013.

Kisah Si Raja Gula Asia, Pengusaha Terkaya dari Semarang

Beginilah riwayat kerajaan bisnis Raja Gula Asia yang merupakan pengusaha terkaya asal Semarang, Oei Tiong Ham.

Lingkungan Rumah Pangeran Sambernyawa di Kestalan Dulu Kawasan Ulama

Kawasan rumah yang pernah ditempati Pangeran Sambernyawa di Kampung Kauman Pasar Legi, Kestalan, Banjarsari, Solo, dulunya menjadi kawasan para ulama.

Datangi Ogan Ilir, Yusuf Mansur Wisuda 715 Santri Penghafal Alquran

Ustaz Yusuf Mansur menghadiri acara Wisuda Akbar Ke-2 Ogan Ilir Menghafal di Gedung Serbaguna Tanjung Senai, Ogan Ilir, Sumatra Selatan

Pengakuan Sopir Truk Kontainer Pelaku Tabrak Lari di Tol Madiun

Sopir truk kontainer, pelaku tabrak lari di jalan tol Madiun yang menewaskan dua orang memberikan pengakuan yang mengejutkan.