SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Karat pada knalpot motor. (Suzuki.co.id)

Solopos.com, SOLO — Salah satu bagian kendaraan yang mudah terkena karat adalah bagian knalpot motor. Karena komponen ini letaknya berada di bagian bawah.

Sehingga mudah terkena kotoran dan air, apalagi saat musim hujan kotoran juga semakin banyak, termasuk saat sepeda motor menerobos genangan air.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sehingga karat bisa muncul dibagian knalpot. Untuk itu Anda harus menghilangkannya sebelum menggerogoti knalpot. Berikut caranya seperti dikutip dari Suzuki.co.id.

Baking Soda

Soda kue atau baking soda bisa digunakan untuk menghilangkan karat motor secara efektif. Caranya campur dengan perasan air jeruk nipis sedikit sampai membentuk pasta.

Oleskan ke permukaan karat di knalpot, tunggu beberapa saat kemudian bersihkan menggunakan kain kering. Jika masih ada noda karat, bisa diulangi.

Baca juga: Alas Kaki Ini Sebaiknya Tak Dipakai Pas Mengemudi Mobil, Sendal Jepit?

Minuman Bersoda

Tuangkan ke area berkarat, tungg selama 15 menit lalu bersihkan dengan air, jika masih ada tuangkan kembali kemudian sikat karat motor dengan sikat gigi sampai hilang guyur air.

Pasat Gigi

Caranya dengan mengoleskan langsung ke area berkarat, tunggu 10 menit, sikat pakai sikat gigi, lap hingga bersih. Sebaiknya gunakan saat karat masih sedikit.

Pembersih Porselen

Cara menggunakannya, tuang cairan ini ke permukaan knalpot berkarat bisa juga dengan kuas. Biarkan selama beberapa menit. lap dengan kain atau siram terlebih dahulu dengan air.

Oli Gemuk atau Stempet

Cara menggunakannya adalah dengan memanaskan kendaraan terlebih dahulu. Setelah itu knalpot motor yang masih panas bisa dioleskan oli gemuk ini. Diamkan sampai karat dan oli meleleh bersamaan.

Baca juga: Ini Daerah Yang Terapkan Pemutihan Pajak Kendaraan, Cek Bro!

Gunakan Bensin

Bahan bakar minya RON 98bisa digunakan untuk merontokan karat di knalpot. Oleskan pada karat, diamkan beberapa menit maka karat akan mulai rontok sendiri.

Khusus karat yang cukup banyak dan membandel Anda bisa menyikat knalpot motor. Gunakan sikat kawat yang berukuran kecil dan gosok sampai karat hilang.

Oli Bekas

Cara menggunakannya tidak jauh berbeda ketika menggunakan oli gemuk. Panaskan kendaraan baru oleskan oli bekas pada knalpot yang panas. Maka karat akan rontok dengan oli yang semakin cair.

Krim Pembersih Karat

Caranya lepaskan knalpot motor, amplas karat hingga bersih guyur air, keringkan knalpot setelah itu oleskan krim penghilang karat. Siram dengan bensin dan lihat, jika belum hilag bisa diulangi.

 



 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya