SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, PALU – Salah seorang awak kapal KM. Lintas Timur yang tenggelam berhasil ditemukan dan diselamatkan. Korban bernama Yakub itu terapung selama empat hari di lautan.

KM. Lintas Timur hilang kontak di Selat Taliabo, Maluku Utara. Kapal tersebut tenggelam pada Sabtu (1/6/2019) pukul 14.00 WITA. Kapal yang dinakhodai Martinus Matitaputi sedang berlayar dari Bitung, Sulawesi Utara, menuju Morowali, Sulawesi Tengah, membawa 18 awak kapal dengan memuat semen.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut informasi yang dihimpun dari Yakub, Kepala Kantor SAR Palu Basrano menjelaskan mesin kapal rusak dalam perjalanan sehingga kapten kapal mencari pelabuhan terdekat guna memperbaiki mesin. Setelah berlayar dari Lolak, mesin kapal kembali mati dan semua lampu penerangan ikut mati.

Para awak kapal berusaha memperbaiki kerusakan namun gagal. Saat itu, kondisi cuaca sangat buruk dan gelombang cukup tinggi sehingga posisi kapal tidak bisa dikendalikan saat terhempas gelombang besar.

“Kapten kapal kemudian memerintahkan para awak untuk meninggalkan kapal. Posisi kapal saat itu berada di sekitar Taliabo, Maluku Utara,” terang Basrano seperti dikutip dari Antara, Rabu (5/6/2019).

Yakub kemudian terapung-apung di laut selama empat hari, hingga melintas MV. Nurbayaksar dan menyelamatkannya pada Selasa (4/6/2019) petang. Sampai saat ini, Tim SAR masih melakukan pencairan terhadap 17 ABK lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya