SOLOPOS.COM - Jurgen Klopp. (JIBI/Reuters/Carl Recine)

Piala FA diwarnai dengan Liverpool yang tersingkir.

Solopos.com, LIVERPOOL — Tiga musim dilalui Jurgen Klopp bersama Liverpool di Piala FA. Tapi, tiga kali pula pelatih yang akrab disapa Kloppo tersebut tersingkir dari babak keempat di turnamen tertua di dunia ini.

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

Piala FA sepertinya memang bukan jodoh Klopp. Musim ini, pasukan Jurgen Klopp lagi-lagi terliminasi secara prematur oleh West Bromwich Albion 2-3 di Stadion Anfield, Liverpool, Minggu (28/1/2018) dini hari WIB.

Dua gol cepat pemain West Brom, Jay Rodriguez, membalikkan keadaan setelah Liverpool sempat unggul lewat gol Roberto Firmino pada menit ke-5. West Brom kembali menambah keunggulan setelah bek Liverpool, Joel Matip, melakukan bunuh diri pada injury time babak pertama. Sedangkan di babak kedua, Liverpool hanya menambah satu gol Mohamed Salah.

Wasit Craig Pawson yang memimpin pertandingan mengambil empat keputusan kontroversial setelah berkonsultasi dengan video assistant referee (VAR). Terlepas dari kontroversi VAR, Klopp tetap menilai pertahanan timnya bermasalah. Inilah kali pertama The Reds kebobolan tiga gol dalam tiga laga beruntun di Anfield sejak Januari 2007. Sementara West Brom menjadi tim pertama yang berhasil merobek gawang Liverpool tiga kali pada babak pertama di Anfield sejak Real Madrid melakukan hal serupa pada Oktober 2014.

“Pertahanan buruk memperlihatkannya.  Pertahanan buruk kebanyakan terjadi karena pengambilan keputusan yang salah,” ujar Klopp berang, seperti dilansir skysports.com.

Kenapa penyakit Liverpool di barisan pertahanan terus terulang? Padahal, The Reds telah membeli bek dengan transfer termahal di dunia, Virgil van Dijk, senilai 75 juta poundsterling (Rp1,4 triliun).  Tapi defender asal Belanda tersebut justru tampil mengecewakan. Duetnya dengan Matip di jantung pertahanan Liverpool justru menjadi bencana.

Peluang Liverpool untuk mengakhiri paceklik gelar di era Klopp semakin tipis. Musim ini, The Reds hanya tinggal mendapat kesempatan di Liga Champions dan Liga Premier. Sebab,  mereka sudah tersingkir dari Piala Liga. Peluang Liverpool di Liga Premier juga hampir pasti karam setelah mereka tertinggal 18 poin dari Manchester City yang memimpin perebutan gelar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya