SOLOPOS.COM - Ilustrasi jasa konstruksi (Dedi Gunawan/JIBI/Bisnis Indonesia)

Pembukaan klinik konstruksi diawali dari peristiwa gempa 2006 di DIY yang menghancurkan 170.000 rumah.

Harianjogja.com, JOGJA – Dinas PUP-ESDM DIY membuka layanan konsultasi gratis melalui program Klinik Konstruksi di Pusat Informasi Pengembangan Pemukiman dan Bangunan (PIP2B) Jalan Kenari 14A, Semaki, Miliran, Umbulharjo, Kota Jogja. Masyarakat bisa memanfaatkan layanan mulai dari pendampingan rumah tahan gempa hingga detail harga satuan bahan material pembangunan rumah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Dinas PUP-ESDM DIY Rani Sjamsinarsi menjelaskan, pembukaan klinik konstruksi diawali dari peristiwa gempa 2006 di DIY yang menghancurkan 170.000 rumah. Kerusakan itu disebabkan struktur rumah tidak tersambung dengan baik. Oleh karena itu, pihaknya membuka program yang bukan hanya sekedar sosialisasi, tetapi memahamkan khususnya bagi masyarakat menengah ke bawah yang ingin mendirikan bangunan tahan bencana.

“Masyarakat bisa menanyakan, kalau ingin membangun, tanahnya daerah sesar atau enggak, kalau sesar harus ngapain [solusi antisipasi bencana],” terangnya seusai penandatanganan kerjasama Klinik Konstruksi bersama FT-UGM di Kantor PIP2B, Kamis (13/10/2016).

Terbentuknya klinik konstruksi itu tidak lepas dari pembangunan gedung kelembagaan PIP2B di bawah naungan DPUP-ESDM DIY pada 2009 silam. Sehingga DIY dijadikan pilot project pembangunan perumahan rakyat berbasis tahan bencana. Sejalan dengan itu, mulailah dibuka layanan konsultasi konstruksi bagi masyarakat umum yang akan membangun rumah. Masyarakat akan diberikan diberikan informasi cara membangun rumah tahan bencana sampai dengan biaya yang dibutuhkan, karena ada detail informasi harga material bahan.

“Semua layanan itu free. Tetapi kalau mereka berlanjut, ingin didesainkan, nah itu nanti direkomendasikan kemana itu beda lagi,” tegas wanita juga Penjabat Sekda DIY ini.

Dalam memberikan layanan itu, pihaknya bekerjasama dengan Fakultas Teknik UGM. Selain tenaga ahli, sejumlah mahasiswa akan disiapkan membantu dalam memberikan layanan konsultasi konstruksi kepada masyarakat. Selain itu, diharapkan mahasiswa bisa memami regulasi tentang pendirian bangunan sekaligus mengimplementasikan hasil penelitian akademis yang belum tersampaikan ke masyarakat.

Adapun bentuk layanan jasa konsultasi konstruksi ada dua cara. Yaitu, melalui tatap muka bisa datang langsung ke Kantor PIP2B, Jalan Kenari, Kota Jogja. Sementara layanan tatap muka dibuka setiap hari Rabu saat jam kerja. Kemudian layanan juga bisa melalui online di website www.klinikkonstruksi-diy.com selama 24 jam, tetapi pemberian jawaban akan dilakukan setiap hari saat jam kerja.

Cakupan layanan itu antara lain, rumah tinggal aman bencana, instalasi sanitasi, perizinan bangunan. Kemudian tata struktur zonasi ruang perkotaan, regulasi baku penyelenggaraan konstruksi dan data harga satuan bahan bangunan. “Kami harap masyarakat bisa memanfaatkan jasa layanan konsultasi ini,” ujar Rani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya