SOLOPOS.COM - Logo Android Solo

Erwin Christanto W

Klinik Android diasuh oleh Komunitas Android Solo. Kirim pertanyaan Anda seputar Android ke email christanto.erwin@gmail.com atau ke Twitter @bosswiin. Simak jawabannya di Klinik Android yang hadir di solopos.com dan di HU SOLOPOS edisi Minggu.

Salam Droid pembaca setia SOLOPOS. Pada edisi kali ini saya akan menjawab beberapa email yang telah masuk. Agar jawaban lebih tepat mengenai sasaran, dimohon bagi yang bertanya mencantumkan Tipe/Merk HH (Handheld), OS Androidnya, Sudah diroot atau belum? Serta pertanyaan yang lebih detail. Terima kasih.

Ekspedisi Mudik 2024

Pertanyaan:

Fudi Eahfadz <almahfuddinmkr2@gmail.com>

1.   Bagaimana caranya mengatasi memori internal yang penuh, padahal saya sudah melakukan partisi pada sd card saya
bagaimana ya mas mohon solusinya.

2.      Aplikasi yang sudah diinstal lewat play store kok uninstall sendiri , seperti go launcher itu kenapa ya mas? Maaf mas saya pengguna baru andoid jadi masih bingung. Terima kasih

Jawaban:

Salam droid Mas Fudi,

1.      Pertanyaaan Anda seputar internal memory yang penuh sudah saya bahas di edisi koran Solopos tanggal 3 Pebruari 2013 atau bisa juga diakses di www.solopos.com/tekno/android semoga mendapatkan solusi dari permasalahan Anda.

2.      Dari pengalaman yang pernah saya alami, ketika sebuah aplikasi uninstall sendiri, biasanya aplikasi tersebut saat download dan waktu install mengalami crash disebabkan oleh tidak sempurnanya file yang didownload, sehingga menyebabkan aplikasi tersebut tidak begitu sempurna dalam menjalankan tugasnya.

Pertanyaan:

Didit Soewandito <soewandito83@gmail.com>

Mas saya mau tanya bagaimana caranya upgrade ram di HP android, HP saya Sony Xperia S tetapi sudah saya upgrade ke ICS, katanya bisa upgrade ram dengan cara di root tapi bagaimana caranya, mohon jawabannya, terima kasih

Jawaban:

Salam droid mas Didit,

Pertanyaaan Anda hampir sama dengan klinik android di edisi sebelumnya juga, masih banyak yang salah kaprah tentang upgrade memory RAM, seperti yang kemarin sudah saya katakan, bahwa RAM di HP itu bentuknya fisik, artinya dari vendor atau produsen HP belum memberikan kesempatan kepada kita selaku pengguna untuk bisa upgrade RAM seperti layaknya yang kita lakukan di PC (Personal Computer), semoga ke depannya hal itu bisa terwujud.

Sedangkan kaitannya dengan root, dengan HP kita telah di root maka kita sudah memiliki hak sebagai administrator untuk mengatur semaksimal mungkin yang bisa kita atur di HP kita, dan ada beberapa aplikasi yang mungkin kita butuhkan memang mewajibkan HP kita sudah harus di root supaya aplikasi tersebut bisa jalan sempurna. (Erwin Christanto, Ketua Android Solo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya