SOLOPOS.COM - Android Solo (Dok/JIBI/Solopos)

Klinik Android diasuh oleh Founder Android Solo, Erwin Christanto. Klinik Android hadir di Solopos.com dan di HU Solopos edisi Minggu.

Salam Droid pembaca setia Solopos. Pada edisi kali ini saya akan menjawab beberapa email yang telah masuk. Agar jawaban lebih tepat mengenai sasaran, dimohon bagi yang bertanya mencantumkan Tipe/Merk HH (Handheld), OS Androidnya, Sudah di root atau belum? serta pertanyaan yang lebih detail. Terima kasih

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Tanya:
Bhayu Kasyafani bhayukasyafani2@gmail.com

Salam, Mas Erwin.
Mas minta sarannya dong, gadget saya kan samsung galaxy mini2 GT-6500 kenapa ya suka lemot..pdhal sya rutin bersihin smacam histori cleaner atau Ram Booster.tpi tetep aja ga ngaruh.tiap buka menu aja slalu lola..dan sering saya melakukan restart ulang. Mohon bantuannya ya mas.trims.

Jawab:

Salam kenal Bhayu,
Mungkin karena terlalu banyak aplikasi yang diinstal di internal memory serta memory ram yang kecil mengakibatkan hp terasa lemot kinerjanya, saran saya pindahkan aplikasi ke external memory (harus root) dan uninstal aplikasi yang sudah tidak diperlukan. Sedangkan untuk aplikasi semacam ram booster serta ccleaner sedikit membantu tapi menurut saya kurang signifikan dikarenakan kedua aplikasi tersebut juga membutuhkan memory ram untuk bisa jalan, jadi malah menambah kerja ram yang sudah semakin habis dipakai oleh aplikasi yang jalan di belakang layar (seperti file-file system).

Hemat saya, dengan keterbatasan secara hardware yang ada, installah aplikasi yang benar-benar dibutuhkan saja. Semakin banyak aplikasi yang diinstal, konsekuensinya juga semakin membutuhkan ram serta internal memory yang memadai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya