SOLOPOS.COM - Logo Android Solo

Erwin Christanto W

Klinik Android diasuh oleh Komunitas Android Solo. Kirim pertanyaan Anda seputar Android ke email christanto.erwin@gmail.com atau ke Twitter @bosswiin. Simak jawabannya di Klinik Android yang hadir di solopos.com dan di HU SOLOPOS edisi Minggu.

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

SOLO–Salam Droid para pembaca setia SOLOPOS, pada edisi klinik Android kali ini saya akan berbagi informasi tentang aplikasi yang bernama Plan B.

Aplikasi ini sangat membantu sekali jika android kesayangan kita ini hilang, saya berharap para pembaca setia SOLOPOS tidak mengalami hal seperti ini ya?

Andaikan android kita hilang, atau dicuri orang, selama android kita masih nyala (tidak dalam kondisi mati dan baterai cukup) dan pulsa serta paket data internet masih ada dan aktif serta tidak dalam kondisi di luar jangkauan (out of range from signal).

Kita masih punya kemungkinan untuk bisa mengetahui keberadaan android kita, bagaimana caranya?

Masuk ke android market yaitu google play store, masuk dengan login email yang digunakan pada android kita yang hilang (akses bisa menggunakan PC)

Logo Android Solo

download dan instal aplikasi bernama Plan B (Lookout Mobile Security).

Secara otomatis aplikasi Plan B tersebut akan terdownload dan kemudian terinstal di android kita yang hilang. Setelah Google selesai mengirim aplikasi Plan B ke android kita, maka aplikasi ini akan langsung aktif.

Segera setelah terdeteksi, Plan B akan mengirimkan email berisi info lokasi terkini keberadaan ponsel android kita yang hilang tersebut, lengkap dengan foto peta dan jarak.

Kita pun dapat melakukan send SMS ke nomor HP android kita yang hilang, isi send SMS tersebut seperti ini, LOCATE.

Kita cek inbox email kita, pasti ada email yang berasal dari : Lookout Plan B (labs-support@lookout.com)

Email tersebut berisikan posisi terkini di mana android kita berada, lengkap dengan foto gambar peta serta koordinat posisi android kita yang hilang (contoh http://maps.google.com/?q=-7.5558188,110.877806&z=16&ll=-7.5558188,110.877806)

Silahkan cari android kita tersebut sesuai dengan petunjuk peta yang sudah diberikan. Kelebihan dari aplikasi ini selain gratis, dia bahkan bisa mengaktifkan GPS yang ada di android kita, meskipun saat android kita hilang, posisi GPS kita matikan.

Oleh karena GPS yang sudah diaktifkan oleh aplikasi Plan B.Namun yang perlu diperhatikan, jika orang yang menemukan ponsel (pencuri) tahu bagaimana cara menghapus seluruh data (Factory Data Reset) pada android kita tersebut, maka kesempatan untuk memaksimalkan Plan B hilanglah sudah.

Aplikasi ini hanya efektif bila pencuri ponsel tidak mengganti kartu SIM di ponsel android kita. Mau mencobanya? Silahkan saja, anggap saja android kita hilang, padahal masih ada di depan kita. Salam Droid.  (Erwin Christanto, Ketua Android Solo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya