SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ketua Android Solo Erwin Christanto

Klinik Android diasuh oleh Komunitas Android Solo. Kirim pertanyaan Anda seputar Android ke email Ketua Android Solo, Erwin Christanto ke christanto.erwin@gmail.com atau ke Twitter @bosswiin. Simak jawabannya di Klinik Android yang hadir di solopos.com dan di HU SOLOPOS edisi Minggu

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Salam Droid pembaca setia SOLOPOS. Pada edisi kali ini saya akan menjawab beberapa email yang telah masuk. Agar jawaban lebih tepat mengenai sasaran, dimohon bagi yang bertanya mencantumkan Tipe/Merk HH (Handheld), OS Androidnya, Sudah di root atau belum? serta pertanyaan yang lebih detail. Terima kasih.

Tanya:

V Dhany Setiawan <dhany@cimbniaga.co.id>

Mas Erwin, Gimana caranya supaya sdcard bisa dibaca sebagai sdcard? Selama ini terbacanya sdext, dan tidak bisa digunakan untuk memori aplikasi.. Kalau nge root tuh ribet nggak sih? Apakah nge root di semua merk hp bisa dijalankan dengan langkah yang sama? Pengen beli hp android lagi nih. Mito t510 di keterangannya kok nggak ada memory internalnya ya?


Jawab:

Salam Droid Mas Dhany

Mencoba menganalisa dan menjawab persoalan yang Anda alami:

1.  SDCard Anda terbaca SDExt itu karena memang basic dari android sendiri adalah linux, yang mana tipe format sebuah memory card bisa berextension ext (ext2, ext3, ext4, dll)

Supaya memory card Anda bisa menjadi memory internal untuk menyimpan berbagai aplikasi, sudah saya bahas di edisi Solopos minggu kemarin 24-02-2013 atau bisa diakses di www.solopos.com/tekno/android

2.  Kalau mau ngeROOT ribet atau tidak? Wah kalau itu jawabannya subyektif sekali, tidak ribet asal kita mengikuti prosedur dengan benar, jadi ribet kalau kita tidak paham untuk mengikuti prosedur dengan benar.

Yang harus kita pahami sebelumnya adalah pemahaman tentang root itu sendiri, root adalah sebuah profile user (administrator) yang paling tinggi tingkatannya dari sebuah sistem sehingga bisa merubah keseluruhan sistem. Bisa kita analogikan root adalah administrator di sistem windows ataupun mengetikan perintah “sudo” pada terminal linux.

Hp Android yang sudah diroot akan mampu mengeluarkan semua potensi dan fitur yang terkunci seperti menginstall applikasi yang bukan berasal dari Android market, fitur wireless tethering, mengubah tampilan, uninstall applikasi default (crapware),  flash custom ROM, menginstal aplikasi yang membutuhkan akses root dan lain-lain.

Keuntungan ROOT:

1.Akses yang tak terbatas terhadap system Android
2.Instalasi aplikasi di memory card dan install aplikasi yang butuh akses root
3.Uninstall aplikasi-aplikasi bawaan vendor
4.Backup App+System
5.Instalasi ROM custom
6.Akses terhadap file-file sistem Android secara penuh
7.Overclock processor yang secara keseluruhan meningkatkan performa

Kekurangan ROOT:

1.Garansi hilang.
2.Mudah terinfeksi virus, malware atau spam karena sistem ponsel sudah terbuka.
3.Dikarenakan sistem pada perangkat sudah terbuka, maka ada peluang untuk melakukan edit pada sistem, jika anda        salah dalam edit maka akan menimbulkan brick (mati total).

3. Tentang HP Android Mito t510, betul memang tidak disebutkan memory internalnya, hanya disebutkan memory eksternalnya bisa up to 32GB. Untuk lebih detailnya mungkin Anda bisa tanyakan langsung di customer service hp yang bersangkutan. (Erwin Christanto, Ketua Android Solo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya