SOLOPOS.COM - Android 5.0 Lollipop (JIBI/Bisnis/GSMArena)

Klinik Android diasuh oleh Founder Android Solo, Erwin Christanto. Klinik Android hadir di Solopos.com dan di HU Solopos edisi Minggu.

Salam Droid pembaca setia Solopos. Pada edisi kali ini saya akan menjawab beberapa email yang telah masuk. Agar jawaban lebih tepat mengenai sasaran, dimohon bagi yang bertanya mencantumkan Tipe/Merk HH (Handheld), OS Androidnya, Sudah di root atau belum? Serta pertanyaan yang lebih detail. Terima kasih

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tanya: 
Muhammad AS <aufas22@outlook.co.id>

Handphone saya Lenovo A369i OS 4.2.2 belum di-root, ketika mau men-download/memperbarui aplikasi di Play Store selalu gagal. Di situ tertulis “kesalahan saat mengunduh, tidak cukup ruang pada perangkat”. Padahal sisa memori internal maupun eksternal masih banyak. Mohon solusinya

Jawab:
Salam kenal Mas Muhammad AS,

Android lenovo A369i mempunyai spesifikasi memory sebagai berikut:
Internal memory 4 GB, 512 MB RAM dan External memory microSD, up to 32 GB.

Membaca tulisan Anda bahwa internal serta external memory Anda masih banyak tetapi tidak cukup untuk menampung hasil dari update aplikasi dari Play Store, persoalannya terletak pada aplikasi Play Store yang membaca (mendeteksi) internal memory Anda sudah penuh (tidak cukup menampung) hasil update aplikasi.

Oleh karena itu, saran saya Anda bisa update aplikasi Play Store tersebut dengan cara instal manual aplikasi playstore.apk-nya. Jika Anda tidak mau repot, Anda bisa juga melakukan factory data reset, risikonya android Anda akan kembali seperti baru (semula). Oleh karena itu, backup terlebih dahulu aplikasi serta data-data yang penting. Silakan dicoba dan semoga berhasil.

Salam Droid
Erwin Christanto W.
Pendiri Solo Android Community

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya