SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Erwin Christanto

Klinik Android diasuh oleh Komunitas Android Solo. Kirim pertanyaan Anda seputar Android ke email Ketua Android Solo, Erwin Christanto ke christanto.erwin@gmail.com atau ke Twitter @bosswiin. Simak jawabannya di Klinik Android yang hadir di dan di HU SOLOPOS edisi Minggu

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salam Droid pembaca setia SOLOPOS. Pada edisi kali ini saya akan menjawab beberapa email yang telah masuk. Agar jawaban lebih tepat mengenai sasaran, dimohon bagi yang bertanya mencantumkan Tipe/Merk HH (Handheld), OS Androidnya, Sudah di root atau belum? serta pertanyaan yang lebih detail. Terima kasih.

Tanya :

SetyoH Priyono <setyohp@gmail.com>

Mas Erwin Yth.

Saya mau tanya. Saya punya hh zyrex za 985. Klaim zyrex internal memory 4GB. Namun itu ternyata dibagi menjadi internal storage 500MB dan phone storage 2GB. Tidak sekalian 1,5GB. Saya sudah coba tanya  ke zyrex langsung tapi tidak mendapat jawaban memuaskan. Yang jadi pertanyaan saya bisa tidak partisi phone storage dan internal storage digabung agar lega. Lagipula,kalau saya simpan apps di sdcard tidak terbaca ketika phone storage  diaktifkan. Mohon solusi. Thx in advance.

Jawab :
 

Salam droid Mas Setyo….

Setau saya memory sebesar 4GB tersebut memang dipakai untuk internal storage dan phone storage. internal storage berisi dari OS serta aplikasi bawaannya, sedangkan phone storage berisi data-data yang tidak ada hubungannya dengan sistem OS, seperti file foto, audio, video, dokumen, dll. Tentang berapa pembagian kapasitas persisnya masing-masing memang hanya customer servis/teknisi dari zyrex yang lebih paham.

Sedangkan untuk penggabungan partisi internal dan phone storage tidak bisa dilakukan dikarenakan masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda. jikalau Anda menginginkan supaya internal storagenya lebih besar dari bawaannya zyrex, Anda bisa mengakalinya dengan cara mempartisi sdcard eksternal Anda menjadi 3 partisi, partisi 1 dipakai untuk media penyimpan data, partisi ke 2 dipakai untuk menyimpan aplikasi yang ada, sedangkan partisi yang ke 3 dipakai oleh swap memory, yang bertujuan untuk membantu kinerja dari memory ram yang ada, yang biasanya besarnya memory swap ini adalah 2 kali besarnya memory ram.

Untuk bisa melakukan hal tersebut, zyrex Anda memang harus diroot serta menggunakan custom rom firmwarenya. custom rom yang sudah populer, Anda bisa menggunakan CynogenMod dengan dibantu dengan CWM recovery dalam hal flashing romnya.

Tanya :

echie ayu <echie4@gmail.com>

Selamat malam sebelumnya mas… Saya mau nanya.. Memory kelas 10, 6 dst itu maksudnya 10giga dst seperti itu kah… Trus cara mempartisi memory eksternal ke memory internal itu caranya seperti apa. Terimakasih sebelumnya…

Jawab :

Salam droid mbak Echie Ayu

Yang dimaksud class 10 itu berkaitan dengan kecepatan baca tulis memory tersebut, bukan berhubungan dengan kapasitas besarnya memory.
Untuk mempartisi sdcard, bisa menggunakan software partisi seperti Mini Partition Tool atau EASEUS Partition jika menggunakan Windows, kalau di linux berdesktop gnome saya menggunakan Gparted.

Setelah kita partisi menjadi 3 partisi (phone storage, internal storage dan swap memory), sdcard kita masukkan ke HH, lalu untuk memindahkan aplikasi yang ada ke partisi ke 2 (internal storage) kita bisa menggunakan aplikasi Link2SD atau Move2SD. (Erwin Christanto, Ketua Android Solo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya