SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klinik Android diasuh oleh Komunitas Android Solo. Kirim pertanyaan Anda seputar Android ke email Founder Android Solo, Erwin Christanto ke christanto.erwin@gmail.com atau ke Twitter @bosswiin. Simak jawabannya di Klinik Android yang hadir di Solopos.com dan di HU Solopos edisi Minggu.

Salam Droid pembaca setia Solopos. Pada edisi kali ini saya akan menjawab beberapa email yang telah masuk. Agar jawaban lebih tepat mengenai sasaran, dimohon bagi yang bertanya mencantumkan Tipe/Merk HH (Handheld), OS Androidnya, Sudah di root atau belum? serta pertanyaan yang lebih detail. Terima kasih.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Pertanyaan:

Ayub Satriawan satriyawan.ayub@gmail.com

Perkenalkan nama saya Ayub.. saya mau tanya apakah Acer z110 bisa diroot OS nya masih Android Gingerbread. caranya bagaimana ? Sedangkan kalau sudah diroot aplikasinya hilang tidak? Kalau habis diroot apa bisa di upgrade ke ics ? caranya bagaimana ? . terima kasih salam android solo.

Jawaban:

Salam kenal dan salam droid mas Ayub,

Persoalan root tidak ada hubungannya dengan bisa tidaknya android anda diupgrade OS nya jika sudah diroot, dengan adanya android anda sudah terroot maka bisa dipastikan hak administrator sudah anda pegang, artinya anda lebih leluasa di dalam mengotak-atik android anda dikarenakan hak akses untuk itu sudah terbuka.

Sedangkan jika android akan diroot, itu tidak akan menyebabkan hilangnya aplikasi maupun data yang sudah ada, tetapi sebagai antisipasi serta jaga-jaga alangkah lebih baiknya anda backup terlebih dahulu, untuk aplikasi root sendiri yang cukup mudah, anda bisa coba pakai aplikasi bernama framaroot, silahkan browsing dan download, semoga dengan aplikasi tersebut android anda bisa diroot.

Persoalan mengenai bisa diupgrade OS nya lebih tergantung kepada apakah google menyediakan upgrade OS untuk android anda, jikalau tidak disediakan maka anda bisa mencoba dari developer yang menyediakannya, contohnya anda bisa masuk ke forumnya xda-developer, mungkin di sana sudah ada yang menyediakannya.

Salam
Erwin Christanto W, founder Android Solo Community

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya