Tutup Iklan -->
KLB Virus Corona, Sebagian SMA di Solo Ujian Online
Ilustrasi ujian online. (Reuters)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah SMA di Solo mulai menggelar ujian sekolah (US) secara online, Rabu (18/3/2020) menyusul diberlakukannya pembelajaran secara daring selama dua pekan sejak Senin (16/3/2020) akibat ditetapkannya Solo sebagai daerah dengan kejadian luar biasa (KLB) corona.

US SMA sedianya diadakan selama tiga hari sejak Senin hingga Rabu (16-18/3/2020). Namun US di sekolah urung dilakukan karena adanya imbauan semua aktivitas pembelajaran sekolah dipindahkan ke rumah melalui sistem daring.

MUI Sarankan Warga Rawan Corona Tak Salat Jumat, Termasuk Solo

SMA di Solo yang menyelenggarakan ujian sekolah online antara lain SMAN 4 dan SMAN 3. Kepala SMAN 4 Solo, Adkha Dewi Gayatri, mengatakan sejak Senin (16/3/2020) pihaknya sudah mempersiapkan berbagai keperluan dalam penyelenggaraan US online tersebut.

"Sejak Senin guru dan tim kami sudah mempersiapkan US online ini sehingga hari ini [Rabu] US online sudah bisa dijalankan," ujarnya kepada Solopos.com.

Menurutnya, tidak ada kendala dalam US online sejauh ini karena siswa sudah diberitahu mengenai rencana tersebut. "Sejauh ini tidak ada kendala karena siswa juga sudah siap," imbuhnya.

Hormati Salib saat Jumat Agung Tanpa Berisiko Tertular Covid-19

Sementara itu, Kepala SMAN 3 Solo, Agung Wijayanto, mengatakan hal senada dengan Adkha. Menurutnya, proses US online di sekolahnya berlangsung lancar. "Lancar," ujarnya singkat.

Agung mengatakan pelaksanaan US online tidak ada kendala meski baru kali pertama diadakan di SMA tersebut. Menurutnya, siswa saat ini dinilai sangat familiar dengan segala sesuatu yang serba online.

"Infrastruktur kami maupun siswa kami sudah siap, sehingga tinggal dijalani saja. Siswa sudah familiar dengan yang serba online. Tapi sebelumnya kami juga harus memberitahukan kepada masing-masing atau orang tua masing-masing," ujarnya.

Sementara itu, sebagian SMA lainnya merencanakan US online digelar mulai pekan depan. Seperti diungkapkan kepala SMAN 7, Yusmar Setrubudi, US online masih membutuhkan persiapan.

"Di sekolah kami masih butuh persiapan. Sebenarnya soal sudah siap karena awalnya US memang akan dilaksanakan Senin [16/3/2020]. Berhubung kemudian Provinsi [Dinas Pendidikan dan Kebudayaan/Disdikbud Jawa Tengah] meminta sekolah menyelesaikan jadwal US sebelum UN [Ujian Nasional], maka kemudian US tetap diadakan secara online. Di tempat kami US online akan dilakukan dengan basis website sehingga soal harus diunggah terlebih dahulu dan nantinya baru bias diakses siswa," ujarnya.

Sembari mempersiapkan website itu, pihaknya melakukan pemberitahuan kepada siswa dan orang tua perihal US yang dilakukan dari rumah tersebut.

"Rencananya Senin pekan depan [23/3/2020] US online sudah bisa kami gelar dan kami juga sekarang bisa melakukan persiapan," jelasnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho