Buntut KLB, DPD Partai Demokrat Jateng Gelar Rakorda
Ilustrasi Partai Demokrat. (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Solopos.com, SEMARANG -- Kisruh yang melanda internal Partai Demokrat membuat DPD Partai Demokrat Jawa Tengah (Jateng) meradang.

DPD Partai Demokrat langsung mengumpulkan 35 DPC Partai Demokrat se-Jateng untuk menggelar rapat koordinasi daerah (rakorda).

Ketua DPD Partai Demokrat Jateng, Rinto Subekti, menyebut rakorda itu digelar dalam rangka menyikapi berlangsungnya Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Sumatra Utara.

"Benar hari ini [Jumat, 5 Maret 2021] kami menggelar rakorda di Semarang. Semua ketua DPC kami kumpulkan. Ini menyikapi digelarnya KLB oleh mereka yang mencoba melakukan kudeta terhadap Partai Demokrat," ujar Ketua DPD Partai Demokrat Jateng, Rinto Subekti, dalam keterangan resmi, Jumat (5/3/2021).

Baca jugaBukan Moeldoko, Ini Calon Ketum Baru di KLB Partai Demokrat Menurut Andi Arief

Melalui rakorda, Rinto ingin menunjukkan kepada publik. Jika Demokrat Jateng masih tetap loyal terhadap Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Juga kepada Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Ada anggapan sebagian dari kami setuju dan mengikuti KLB. Itu tidak benar. Makanya, ini kami tunjukkan bila Jateng dan semua DPC di 35 kabupaten/kota masih loyal terhadap AHY sebagai Ketum dan pak SBY sebagai Ketua Majelis Tinggi," imbuh Rinto.

Sebelumnya, Partai Demokrat Jateng dikabarkan mulai terimbas kisruh yang tengah melanda internal Partai Demokrat. Bahkan, akibat kisruh tersebut dua Ketua DPC Partai Demokrat di Jateng, yakni Blora dan Tegal dipecat dari kepemimpinannya.

Mereka diberhentikan karena dianggap berpihak kepada kubu Partai Demokrat yang tidak sepakat dengan kepemimpinan AHY dan mencoba melakukan kudeta.

Baca jugaPemerintah Diamkan KLB Partai Demokrat, Bisa Jadi SBY akan Demo di Istana

Tetap Loyal

Terpisah, Ketua DPC Partai Demokrat Kota Semarang, Wahyu "Liluk" Winartoe, menyatakan kesiapannya untuk mengikuti Rakorda 35 DPC Partai Demokrat se-Jateng itu. Rakorda nanti rencana digelar di Hotel Grand Candi, Kota Semarang, pada sore hari.

"Tentu kita siap ikut serta. Rakorda ini kan sebagai bentuk bahwa kami tetap loyal. Serta mendukung kepemimpinan AHY sebagai Ketua Umum Demokrat," tutur Liluk kepada Solopos.com, Jumat.

 

 



Berita Terkini Lainnya








Kolom