SOLOPOS.COM - Bupati Klaten, Sri Mulyani, meresmikan Klatenkab CSIRT di Harris Hotel, Kota Surakarta, Rabu (26/11/2022). (Istimewa/Diskominfo Klaten)

Solopos.com, KLATEN — Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Klaten meluncurkan Klatenkab Computer Security Incident Response Team (CSIRT). Tim tersebut dibentuk sebagai langkah menjamin keamanan siber.

Peluncuran Klatenkab CSIRT ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani, di Harris Hotel, Kota Surakarta, Rabu (26/11/2022). Hadir dalam kegiatan tersebut Perwakilan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Tengah, dan perwakilan Diskominfo se-Jawa Tengah.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Keberadaan Klatenkab CSIRT berkewajiban memberikan penanganan untuk insiden keamanan siber yang telah terorganisir, terstruktur, dan sistematis. Serta pelayanan kepada masyarakat telah terjamin keamanannya, baik informasi maupun datanya sehingga dapat berjalan dengan lancar,” kata Kepala Diskominfo Klaten, Amin Mustofa, berdasarkan rilis yang diterima Solopos.com dari Diskominfo Klaten.

Amin berharap peluncuran Klatenkab CSIRT dapat memberikan dampak positif terhadap keamanan informasi siber dan dapat memberikan kontribusi dalam mencapai visi klaten yang maju, mandiri dan sejahtera.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, menyampaikan semakin berkembangnya teknologi semakin memudahkan manusia untuk melakukan aktivitas. Di sisi lain, ada yang menyalahgunakan perkembangan teknologi dengan kejahatan siber.

Mencermati kondisi tersebut, Mulyani mengatakan Klatenkab CSIRT terus melakukan langkah maju yang adaptif, kondusif, dan berkembang.

“Klatenkab CSIRT terus melangkah untuk pengamanan data dan informasi yang dimilki oleh pemerintah daerah dari kejahatan siber yakni dengan membentuk komite CSIRT,” paparnya.

Tugas dan peran CSIRT guna menjaga dan meninjau terkait keamanan siber. Bupati berharap dengan adanya Klatenkab CSIRT, keamanan data pemerintahan dan masyarakat semakin terjamin.

“Tugas utama dari Klatenkab CSIRT adalah melakukan penyelidikan dan perlindungan sistem data yang ada pada seluruh organisasi perangkat daerah Kabupaten Klaten. Serta dapat melakukan pencegahan serta mitigasi insiden keamanan siber secara terpadu agar dapat menjamin keamanan data dan informasi dalam lingkup Kabupaten Klaten maupun Provinsi Jawa Tengah maupun pusat dari risiko kebocoran dan pencurian data,” katanya.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Tengah, Riena Retnaningrum, mengatakan keamanan siber nasional bukan hanya tanggung jawab Pemerintah pusat tetapi membutuhkan sinergi dengan pemerintah daerah. Hadirnya CSIRT tingkat provinsi dan kabupaten/kota merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam menjamin keamanan siber bagi masyarakat.

“Dengan tim ini, insiden serangan siber bisa ditindaklanjuti. Kami juga akan mendampingi agen CSIRT di kabupaten/kota,” paparnya.

Direktur Keamanan Siber dan Sandi Pembangunan Manusia pada Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Giyanto Awan Sularso. Ia mengapresiasi Pemkab Klaten menginisiasi pembentukan dan peluncuran Klatenkab CSIRT.

“Tujuan dibentuknya negara ini adalah untuk melindungi segenap bangsa dan seluru tumpah darahnya, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia. Tentunya tujuan ini juga berlaku di era siber sekarang dan masa mendatang, seiring dengan kemajuan di bidang teknologi dan informasi, serta ancaman siber yang semakin meningkat. Seperti yang disampaikan Presiden, kita harus siap menghadapi ancaman kejahatan siber. Termasuk menjamin keamanan data,” ungkapnya.

Menurut data BSSN, dari total 514 kabupaten/kota di Indonesia, Kabupaten Klaten merupakan kabupaten ke-18 yang telah membentuk CSIRT. Ia berharap Diskominfo Klaten terus meningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) yang menaungi Klatenkab CSIRT agar dapat mengimbangi ancaman serangan siber yang terus meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya